Naik motor ke tanah suci Mekkah dilakukan oleh pria asal Jambi. Berkendara motor antar kota mungkin sudah biasa bagi beberapa orang. Apalagi buat para penikmat roda dua, mereka menyebutnya dengan istilah touring. Touring merupakan kegiatan berkelana menggunakan kendaraan bermotor untuk menuju suatu tujuan wisata atau tujuan tertentu. Touring juga dilakukan sebagian orang untuk melakukan perjalanan pulau kampung menggunakan kendaraan motor atapun mobil pada hari raya keagamaan.

Penggunaan roda dua dalam keseharian khususnya bagi orang Indonesia sudah menjamur. Baik dikota-kota besar maupun daerah penggunaan sepeda motor kerap digunakan sebagai sarana transportasi harian. Motor digunakan sebagai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti layanan ojek.

Lilik Gunawan dan Balda, bapak dan anak yang menggunakan motor menuju Mekkah

Baru-baru ini ada seorang warga negara Indonesia yang berhasil menuju Madinah menggunakan sepeda motor. Lilik Gunawan, pria asal Jambil ini menggunakan motor menuju Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah Haji. Bersama anak bungsunya yang masih berusia 4 tahun Balda, Lilik menempuh puluhan ribu kilometer untuk dapat tiba di Madinah.

Berangkat pada bulan Mei 2019 lalu, Lilik dan Balda menargetkan perjalanannya akan tiba di Madinah pada Agustus 2019. Namun, adanya beberapa kendala yang mereka harus hadapi pasangan ayah dan anak bungsu ini baru bisa tiba di kota Madinah pada akhir Desember 2019 lalu. Walaupun meleset dari rencana awal, mereka berhasil tiba dengan selamat tanpa mengalami kekurangan pada diri mereka.

Membawa Pesan cinta

Lilik beserta Balda tidak hanya memiliki tujuan untuk menuju rumah Allah semata. Nyatanya, ia pun membawa pesan cinta dengan mengusung sebuah misi untuk melakukan kampanye anti kekerasan terhadap sosok seorang ibu.

Baca juga: Indonesia Menjadi Tujuan Wisata Halal Dunia Terbaik 2019

Pesan yang dibawanya adalah untuk membawa 1000 buah pesan cinta dari berbagai negara yang mereka lewati. Pesan yang dibawanya adalah sebuah bentuk cinta nya kepada ibu dan istri di seluruh dunia.

Naik sepeda motor ke tanah Suci

Naik motor ke tanah suci Mekkah dengan membawa 1000 pesan cinta yang akan diberikan kepada Raja Salman, Lilik berharap agar ibu dan istri nya dapat mendapat undangan khusus Haji dari Raja Salman. Salah tujuan keberangkatannya menggunakan motor pun ia ingin naik haji Bersama keluarga.

Keinginannya untuk bisa berkumpul bersama istri dan sang ibu di Madinah akhirnya dapat terwujud setelah Lilik dan Balda tiba di Madinah pada Desember 2019 lalu. Meskipun meleset dari perkiraan waktu yang mereka tentukan namun momen haru dan Bahagia tetap ada kala mereka tiba di Madinah waktu setempat.

Menempuh 20.000 km menggunakan sepeda motor

Naik motor ke tanah suci Mekkah perjalanan bapak dan anak ini tidaklah mudah. Mereka harus menempuh hingga 20.000 km untuk bisa tiba di tanah suci Mekkah. Perjalanan yang sangat Panjang tersebut mereka jalani dengan tekad yang kuat untuk bisa menginjakkan kaki di rumah Allah serta melepas rindu dengan ibu dan istri.

Lilik dan Balda berangkat dari Merangin, Jambi menyusuri pulau Jawa sampai Surabaya. Setibanya di Surabaya ia menyeberang untuk tiba di pulau Kalimantan, Banjarmasin. Sesampainya di Banjarmasin mereka melanjutkan perjalanan menuju Palangkaraya, Pontianak, Singkawang, hingga perbatasan Indonesia di Sambas dan masuk ke Malaysia dan berlanjut ke Brunei Darussalam, Thailand, Myanmar, hingga India Pakistan sampai Arab Saudi.

Walaupun harus melalui perjalalanan yang sangat panjang dan tidak mudah kebesaran Allah SWT seakan memberi jalan kemudahan baginya. Dengan mengusung niat baik, Lilik dan Balda kerap dilimpahkan rezeki yang tak terkira. Lilik sering kali mendapatkan bantuan uang yang ia dapatkan selama perjalanan yang diberikan langsung pada dirinya, dan ia pun kerap menemukan uang yang entah diberikan oleh siapa yang berada di saku jaket atau celana sang anak, Balda.

Lilik yakin dengan membawa niat baik selama perjalanan pun akan mendapat kebaikan hingga bertemu dengan orang-orang yang baik juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + twenty =