Festival acara halal di dunia tidak hanya ramai dilangsungkan di negara-negara bermayoritas beragama muslim saja. Benua Eropa yang bermayoritas penduduknya adalah masyarat beragama non-muslim kini mulai gencar melangsungkan festival-festival halal. Empat festival halal di Eropa ini wajib dikunjungi saat sedang berlibur ke Eropa.

Festival yang dilangsungkan dinegara-negara Eropa ini hadir karena melihat potensi besarnya industry halal di dunia. Dengan mengusung konsep ramah terhadap warga muslim, festival ini memperkenalkan budaya dan anjuran makanan umat Islam kepada penduduk Eropa.

Besarnya potensi wisata halal yang mampu mendatangkan keuntungan bagi penduduk Eropa ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pemerintah negara Eropa. Dengan tujuan memperkenalkan negara mereka melalui festival-festival yang mereka lakukan untuk menarik minat wisatawan muslim untuk melakukan perjalanan wisata ke negaranya.

Berikut empat festival halal di Eropa yang sayang dilewatkan saat berlibur ke benua biru tersebut.

  1. London halal food festival Merupakan festival makanan halal yang diselenggarakan di London, Inggris. Festival yang dilangsungkan selama dua hari ini telah dimulai sejak 2016. Dengan mengemban misi produk dan layanan Halal terbaik, London halal food festival menyediakan lebih dari 30 masakan halal yang berbeda dari seluruh dunia dan juga demo masak yang disajikan langsung oleh koki-koki selebriti.

  2. Sarajevo halal fair Berbeda dengan London halal food festival, Sarajevo halal fair merupakan ajang festival yang mencakup banyak industry. Gelaran ini mempertemukan produsen, manufaktur, pedagang, investor, membangun kemitraan selama pertemuan B2B. Serta mengekspos konsumen dan perwakilan bisnis untuk berbagai penawaran di pasar halal. Industri yang terlibat dalam gelaran ini meliputi makanan dan minuman, pariwisata, keuangan Islam,farmasi & kosmetik, dan industry kreatif.

  3. Paris Muslim exhibition Merupakan gelaran acara muslim terbesar dan terlama di Eropa dan Perancis. Gelaran acara ini pertama kali dilangsungkan pada tahun 1986. Gelaran acara yang dilangsungkan dalam empat hari ini turut juga melangsungkan pameran. Gelaran yang dilangsungkan didalam 8 aula ini meliputi pameran buku, mode sederhana, peluang Haji & Umrah, keuangan Islam & konferensi makanan halal, seni dan kerajinan tangan dan asosiasi bantuan.

  4. Turkey OIC Halal Expo Gelaran festival Halal yang diselenggarakan oleh OIC sebuah sebuah organisasi internasional dengan 57 negara anggota yang memiliki seorang perwakilan tetap di Perserikatan BangsaBangsa kembali dilangsungkan di Turkey untuk ke tujuh kalinya. Pameran ini memberikan wadah kepada para pengusaha produk halal untuk bertemu serta menjalin kerjasama. Pameran ini berisikan dari berbagai macam industry, meliputi wisata halal, keuangan Islam, tekstile Islami, kosmetik, pengemasan, dan makanan & minuman.

Hadirnya pameran indutri halal di kancah Eropa membuka persaingan bisnis antar produk halal yang kini sudah semakin diminati oleh pasar Eropa. Sisi baiknya adalah Indonesia salah satu sebagai produsen produk halal mampu membuka dan menembus pasar internasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 − three =