Belanja di toko halal memudahkan konsumen dalam menentukan produk yang akan dibeli. Maraknya marketplace yang ada saat ini membuat konsumen memiliki banyak pilihan dalam menentukan marketplace yang paling tepat. Hadirnya marketplace pasaran membuat varian produk semakin banyak. Dari sisi para penyedia barang, hadirnya marketplace membuat mereka memiliki banyak saluran untuk melakukan penjualan. Saluran-saluran tersebut dapat dimanfaatkan penyedia produk untuk dijadikan sebagai toko online mereka.

Penyedia marketplace belum memfasilitasi produk mereka dengan memilah mana produk halal dan mana bukan. Pentingnya memilih produk halal bagi umat Islam merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Belanja di marketplace halal memastikan produk yang dibeli sudah terverifikasi sebagai produk halal.

Baca Juga: Kesempatan Indonesia Melakukan Ekspor Produk Halal

Pemilihan marketplace yang bersertifikasi halal menjadi salah satu solusi mempermudah mendapat produk yang sudah pasti halal. Tanpa perlu berasumsi halal atau tidak, berbelanja di marketplace halal sudah pasti menjamin kebaikan produk yang ditawarkan.

Belanja di marketplace halal, berikut 5 alasannya:

  1. Produk pasti bersertifikat halal. Konsumen tidak perlu ragu dalam membeli produk. Penyedia marketplace sudah menjamin setiap produk yang masuk ke laman situs marketplace tersebut sudah halal. Penyedia produk sudah melalui tahapan verifikasi untuk bisa melakukan penjualan di marketplace halal tersebut.

  2. Spesifikasi barang ditulis dengan jelas. Selayaknya berjualan produk konvensional. Penyedia barang harus turut menyertakan spesikasi produk dengan lengkap. Spesifikasi tersebut merupakan sumber informasi bagi konsumen untuk melihat spesifikasi yang terkandung dalam produk tersebut secara lengkap.

  3. Produk sudah pasti tersedia. Salah satu hukum syariat dalam jual beli adalah penyedia harus memiliki produk tersebut alias stok barang tersedia. Penyedia produk diwajibkan untuk memasukkan jumlah stok yang mereka miliki ke dalam laman situs produk. Dari sisi konsumen, konsumen dapat mengetahui berapa banyak produk tersisa yang dimiliki oleh si penyedia barang.

  4. Kejujuran. Tidak hanya pada marketplace halal saja, kejujuran merupakan sifat yang harus dimiliki semua pedagang. Salah satu syarat berdagang melalui marketplace halal diutamakan kejujuran karena masuk dalam syarat-syarat sah dalam bertransaksi jual beli. Kejujuran juga merupakan salah satu cara membangun kepercayaan konsumen dalam belanja di marketplace halal.

  5. Barang boleh ditukar dalam kondisi tertentu. Retur barang diperbolehkan dalam jual beli. Pergantian barang boleh dilakukan asal telah terjadi kesepakatan antara penyedia barang dan konsumen.

Memilih marketplace halal untuk membeli produk halal merupakan langkah yang tepat. Konsumen telah dibantu dalam hal memilih produk halal yang sudah terjamin keasliannya. Produk halal yang diperjual-belikan pun sudah memenuhi syariat agama dan telah lolos verifikasi dari lembaga pemberi sertifikasi halal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × three =