Menjadi negara yang ramah bagi para wisatawan muslim menghadirkan antusias para wisatawan muslim untuk datang. Wisata halal tidak hanya mengenai wisata kerohanian saja, namun saat ini juga telah merambah pada pariwisata konvensional. Pariwisata konvensional mendorong sebuah negara untuk menyiapkan segala fasilitas kebutuhan yang ramah bagi wisatawan muslim. Selama berlibur, wisatawan kerap difasilitasi dengan segala kebutuhan mulai dari asupan makanan yang halal serta lokasi beribadah yang baik.

Saat ini wisata halal tidak hanya dibangun oleh negara-negara yang bermayoritas muslim saja. Negara-negara yang bermayoritas non-muslim justru semakin giat dalam menciptakan wisata halal yang ramah bagi wisatawan muslim. Dengan tujuan mendatangkan para wisatawan muslim, mereka berharap dapat membangun konsep wisata bagi siapapun.

Baca juga: Wisata kuliner di Jepang

Wisata halal kian menjadi primadona bagi para penggiat pariwisata dunia, Global Muslim Travel Index (GMTI) pada tahun 2021 memprediksikan pengeluaran umat muslim untuk berwisata akan mencapa US$ 243 miliar. Dengan besarnya angka prediksi tersebut menjadi sorotan bagi para negara untuk membangun wisata halal dan mendapat atensi mereka melalui penawaran promosi yang menarik.

Berikut ini merupakan negara non-muslim yang kini kian ramah bagi wisatawan muslim

  1. Singapura. Negara tetangga yang terletak di utara dari kepulauan Indonesia ini semakin gencar menargetkan umat muslim untuk datang ke negaranya. Negara yang 5% penduduknya beragama Islam sudah familiar mengenai produk halal karena banyaknya melayu muslim yang merupakan warga negara Singapura. Saat ini di bandara Changi sendiri telah tersedia food court yang berisikan khusus makanan halal. Selain itu di Singapura sendiri telah banyak masjid yang tersedia.

  2. Thailand. Masih dari Asia Tenggara yang juga salah satu tujuan favorit para penggelana dari Indonesia. Dalam mengembangkan pariwisata halal, Thailand telah memiliki Lembaga sertifikasi yang mampu mengedukasi dan memberi logo halal. Dengan nama “The Central Islamic Committee of Thailand” menunjukkan bahwa Thailand telah serius dalam pengembangan produk-produk halal. Untuk fasilitas beribadah saat ini telah tersedia 3000 mesjid diseluruh Thailand dan 170 di antaranya berada di Bangkok. Selain membangun fasilitas bagi muslim, Thailand pun telah meluncurkan aplikasi untuk memudahkan para muslim selama di Thailand, yaitu Thailand Muslim Friendly. Aplikasi ini berisikan segala kebutuhan muslim, mulai dari restoran halal dan fasilitas ibadah.

  3. Jepang. Negara yang terpilih menjadi tempat berlangsungnya olimpiade 2020 ini telah menjadikan negaranya ramah akan umat muslim. Pembangunan fasilitas bagi para muslim merupakan salah satunya ditujukan bagi para delegasi yang hadir datang di olimpiade nanti dan juga wisatawan. Restoran di Jepang pun telah diberikan logo halal atau bertuliskan “Muslim Friendly”.

  4. Korea. Negara yang berada di timur asia pun juga turut menggalakkan pariwisata halal di negaranya. Meski belum tersedia banyak fasilitas bagi umat muslim, namun sudah ada beberapa restoran berlogo halal di Kawasan Itaewon, Seoul. Lokasi lain seperti pulau Nami merupakan salah satu Kawasan wisata di Korea yang dianggap sudah ramah akan wisatawan muslim. Di pulau tersebut telah tersedia fasilitas beribadah bagi umat muslim dan restoran halal disekitarnya.

  5. Hongkong. Siapa yang tidak mengenal negara yang menjadi lokasi Disneyland ini. Lokasi wisata yang diminati baik para orang dewasa dan anak-anak ini telah menyediakan makanan halal beberapa direstoran didalamnya dan juga fasilitas beribadah. Keseriusan pemerintah Hongkong dalam wisata halal ini terbukti dengan dihadirkannya daftar restoran bersertifikat halal melalui situs discoverhongkong.com. Situs ini menyediakan dengan lengkap semua restoran dan lokasi makanan halal yang bisa dikunjungi para wisatawan selama berada di Hongkong.

Semakin banyak negara yang sadar akan besarnya potensi pariwisata halal. Pemerintah setiap negara mulai mendorong tersedianya fasilitas yang ramah akan umat muslim, mulai dari restoran hingga fasilitas ibadah. Dengan usaha tersebut, sebuah negara sudah mulai bisa menawarkan wisata halal kepada muslim sedunia.

Meski bermayoritas non-muslim, negara tersebut siap memberi fasilitas yang memadai

Dari kelima negara tersebut, manakah yang paling menurut kalian menarik untuk dikunjungi Bersama kerabat dan keluarga kalian dilburan mendatang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + sixteen =