Abon Ikan Dapur Hemoro di Toko Online Etokohalal

0
265
Abon Ikan Hemoro Rasa bawang Goreng

Setelah viral kampanye makan Ikan yang dilakukan Ibu Susi Pudjiastuti, Menteri Perikanan dan kelautan kabinet kerja, varian makanan olahan ikan berunculan. Salah satunya adalah Abon. Abon adalah makanan bertekstur serat. Abon sering ditemukan menjadi pelengkap makanan utama. Biasanya berfungsi sebagai pelengkap bubur, nasi atau ketan. Belakangan abon juga melengkapi roti. Tampilannya berwarna cokelat terang hingga kehitam-hitaman, dikarenakan dibumbui kecap. Abon tampak seperti serat-serat kapas karena terbentuk dari potongan serat-serat otot daging yang disuwir-suwir dan dikeringkan. Karena kering dan nyaris tak memiliki sisa kadar air, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara. Tak heran Abon biasa dijadikan makanan bekal perjalanan jauh. Seperti bekal saat perjalanan haji dan umroh, maupun perjalanan lainnya. Abon juga dapat dijaikan makanan camilan. Kini hadir, Abon ikan dapur Hemoro di toko online Etokohalal

Abon Ikan Dapur Hemoro bersertifikat Halal siap tampil di panggung Etokohalal.

Abon Ikan

Selain terbuat dari bahan dasar daging, ada beberapa abon yang pembuatannya memakai bahan dasar dari makanan laut. Seperti ikan tuna, ikan lele, ikan tongkol, belut, kepiting rajungan dan udang. Salah satu produk Abon yang terbuat dari ikan adalah abon yang diproduksi oleh Dapur Hemoro. Abon Ikan ini terdiri dari aneka varian rasa. Untuk kehati-hatian dan jaminan atas kualitas produknya, produser Abon Hemoro mendaftarkan dan menguji kehalalan Abon Hemoro di Laboratorium LPPOM MUI sejak tahun 2015. Sebagai produk yang telah memiliki sertifikat halal, Eokohalal mempresentasikannya ke dalam kategori produk makanan dan minuman yang dapat dibeli melalui Etokohalal. Berikut beberapa petikan wawancara bersama Husnul Hamid, owner sekaligus inisiator produk Abon Ikan Hemoro.

baca juga : Cara membuat Abon Ikanhttps://www.liputan6.com/lifestyle/read/3798856/cara-membuat-abon-ikan-tuna-dan-ikan-lainnya-yang-gurih-nan-menggoda-selera

Apa latar belakang memproduksi Abon Ikan?

Suami saya asli Maluku Utara. Saya mempunyai latar belakang pendidikan tata boga teknologi pangan. Jadi, saya melihat Maluku Utara dengan potensi laut yang melimpah. Kondisi tersebut sangat menggelitik perhatian saya dan keluarga, setiap kami pulang ke kampung halaman. Hasil laut yang melimpah ruah membuat kami ingin memanfaatkannya dalam bentuk makanan kemasan yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas dari berbagai penjuru, tidak hanya di Maluku utara. Abon ikan tuna dan cakalang menjadi pilihan utama dikarenakan sifat dari produk abon adalah kering/dryfood sehingga tidak terlalu sulit untuk pengemasan dan memiliki safelife yg cukup lama.

Apa yang membedakan Abon Ikan dan Abon Daging?

Secara fungsi dari produk ini, memiliki fungsi yang serupa namun yang menjadi pembeda, tentu saja bahan baku nya, bahan baku ini mempengaruhi tekstur dan rasa, abon daging memiliki tekstur dengan serat panjang sedangkan abon ikan serat nya lebih halus. Sedangkan dari sisi rasa, abon daging memiliki rasa yg manis sedangkan ikan rasanya cenderung gurih agak sedikit manis. Dapur Hemoro memproduksi 9 varian rasa abon ikan. Abon cakalang rasa original, abon cakalang rasa pedas, abon ikan tuna, abon ikan tongkol, abon ikan marlin, abon ikan tuna rasa pedas, abon tuna cakalang rasa orisinal, abon tuna cakalang rasa bawang.

Sejak kapan Abon Hemoro masuk Pasar Retail ?

Hemoro abon ikan mulai di produksi pada tahun 2015, saat itu kami menjual person to person, juga membuka toko online. Tahun berikutnya kami mulai membuka website, fanpage dan facebook. Saat ini kami sudah bekerjasama dengan PT. Transmart indonesia , mensuplai tuna floss ke restoran Jepang di Indonesia, Singapore dan Arab Saudi.

Mengapa disertifikasi Halal ?

Sertifikat Halal Abon Ikan Hemoro yang selalu diperpanjang setiap 2 tahun.

Kami mulai mendaftarkan produk di tahun 2016 dan diperpanjang setiap 2 tahun. Memiliki sertifikat halal adalah suatu kebutuhan bagi perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan di Indonesia karena kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan halal sangat tinggi. Dengan sertifikat halal tersebut, kami bisa meyakinkan masyarakat akan kehalalan produk kami.

Baca juga :Sertifikat Halal Wajib https://blog.etokohalal.com/produk-wajib-bersertifikat-halal-17-oktober-di-indonesia/

Bagaimana Peluang memasarkan Abon di Indonesia dan Luar Negeri ?

Sebenarnya abon bukanlah produk baru, sehingga kami tidak perlu upaya tambahan dalam memperkenalkan abon di tengah masyarakat, hanya soal rasa dan performa packaging yang bisa menumbuhkan rasa percaya masyarakat untuk mengkonsumsi abon yang kami produksi. Pemasaran dalam negeri bisa dilakukan dengan menembus pasar retail, media social, online store /ecommerce. Tentunya terkait pemasaran luar negeri, kami bergabung dalam komunitas export- import Indonesia  dan aktif mengikuti pameran dagang di dalam dan luar negeri. Kami juga menunggu kesempatan yang akan dibuka oleh Indonesia Halal Lifestyle Center untuk Hemoro Abon Ikan, seperti kemarin di Jedah dan Dubai bisa ditampilkan. Mudah-mudahan kami bisa diundang ikut serta di tahun mendatang.

Inovasi apa saja yang direncanakan akan dilakukan Dapur Hemoro?

Hemoro mencoba mengaplikasikan pemakaian abon ikan dalam berbagai jenis makanan, agar supaya kebutuhan/permintaan akan produk kami meningkat, salah satunya Hemoro mengeluarkan produk “bolu gulung abon” sebagai salah satu pilihan makanan yang juga dapat dijadikan “oleh oleh dari Jakarta”. Bolu gulung abon ini di kelola khusus pemasarannya oleh @kakooya.com melalui media sosial, @kakooya adalah singkatan dari keik dan kookies nya Cahaya Hamid @cahayahmd, putri pertama saya  yang mulai tertular kebiasaan saya, Ibunya yang suka berbisnis. Putri saya mulai merintis usaha sebagai studentpreuneur, bersama bolu gulung abon ini, cahaya hamid beromset sedikit nya 5 juta per bulan.

Bolu Gulung Abon, produk makanan oleh-oleh Jakarta yang merupakan diversivikasi dari abon ikan Hemoro.

baca juga : Bagaimana jadi Studentpreuneurhttps://arryrahmawan.net/bagaimana-menjadi-studentpreneur-yang-terus-tumbuh-dan-berkembang/

Etokohalal platform Halal Ecommerce, bagaimana harapan Mbak Husnul?

Kami berharap, etokohalal bisa menjadi pembuka pasar baru bagi produk Hemoro, karena kesadaran masyarakat terhadap makanan halal sangat tinggi, etokohalal menjaring begitu banyak produsen halal dari berbagai produk yang dipasarkan dengan begitu masyarakat terbantukan untuk mendapatkan produk yang terjamin kehalalannya begitu juga dengan produsen, terbantu dalam memasarkan produk halalnya.

Pesan – pesan untuk pelaku industri makanan lainnya?

Dalam membangun usaha, lakukan dari hal yang paling mudah dan murah, agar batu rintangan yang menghadang juga mudah kita lewati, hal ini membantu mental bisnis kita untuk stabil. Khususnya dalam usaha makanan, halal tidak berdiri sendiri, ada thayyib yang menyertai, maka kita berkewajiban menghadirkan produk dengan bahan baku dan pengolahan yang terbaik baru kemudian bicara soal rasa dan performa makanan.

Abon Hemoro saat ini tidak hanya melayani permintaan B2C, tetapi juga B2B dengan menjadi sulier produk abon untuk sebuah restoran Jepang ternama di Indonesia dan gerai terbanyak di sejumlah mall premium di Indonesia. Selain itu, saat ini sudah memenuhi permintaai B2B produser roti rasa abon. Penasaran mencoba cita rasa Abon ikan produksi Dapur Hemoro? Semua ada di took halal online, Etokohalal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + four =