Amalan pahala dibulan suci harus ditingkatkan meski dalam masa seperti ini. Masa pandemi seperti ini membuat kita tidak dapat bebas melakukan apa yang kita inginkan. Semua kegiatan yang biasanya kita lakukan setiap hari kini harus dikurangi bahkan dihentikan. Seperti saat memulai bekerja harus dari rumah, tidak dapat berkumpul dan juga dilarang melakukan mobilisasi yang sekiranya tidak terlalu penting.

Bulan suci Ramadhan yang saat ini sedang dijalani harus dilaksanakan dalam kondisi global pandemi, yang berarti bukan bulan suci yang sangat berbahagia bagi seluruh umat muslim di dunia. Ramadhan kali ini harus dijalani dengan berbeda, larangan melaksanakan ibadah dari tempat ibadah sampai kegiatan berkumpul yang kerap dilakukan dibulan Ramadhan seperti buka bersama (iftar).

Amalan pahala saat masa karantina tidak membuat umat muslim berhenti mencari pahala

Namun, terlepas dari semua kegiatan yang dibatasi ini tidak membuat umat muslim mengurangi ibadah-ibadah yang kerap dilaksanakan dibulan suci. Masih banyak pahala yang dapat dikejar selama bulan suci Ramadhan meskipun hanya berada dirumah.

Dari manapun, kegiatan beribadah dalam rangka mencari pahala sebanyak-banyaknya dan juga memperoleh hikmah selama Ramadhan harus tetap dijalankan. Memperbanyak kegiatan ibadah cukup dari rumah saja bersama keluarga tanpa harus keluar rumah.

Mengerjakan sholat sunnah

Sholat sunnah dibulan suci Ramadhan seperti tarawih, duha dan tahajud tetap bisa dilakukan. Melaksanakan sholat sunnah cukup dari rumah saja tanpa perlu berjamaah dari masjid. Meskipun dikerjakan dari rumah In Syaa Allah tidak akan mengurangi pahala yang didapat.

Kegiatan sholat sunnah seperti tarawih dapat dilakukan secara berjamaah bersama keluarga ataupun secara seorang diri. Selama menjalankan ibadah sunnah karena Allah SWT maka akan diberi ganjaran pahala yang besar.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menfardhu-kan puasa Ramadhan dan aku telah men-sunnah-kan bagimu shalat di malam harinya. Maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan dan shalat sunnah di malam harinya kareka iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tambahan amalan pahala dalam membaca Al-Quran

Selain melaksanakan ibadah sholat sunnah, selama masa dirumah aja juga dapat melakukan membaca Al-Quran untuk mengisi waktu puasa. Membaca Al-Quran pun tidak diwajibkan dari masjid tapi bisa dilakukan dari rumah. Membaca Al-Quran dapat dilakukan setiap selesai waktu sholat wajib, waktu senggang ataupun waktu yang sudah disiapkan untuk membaca Al-Quran. Menambah amalan pahala saat melaksanakan ibadah puasa.

Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Pentingnya membaca Al-Quran saat bulan suci Ramadhan pun tertulis pada salah satu firman Allah SWT, “Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu, serta pembeda antara yang hak dan batil.” (QS. Al-Baqarah: 185).

Bersedekah kepada saudara yang membutuhkan

Berbagi kepada sesama manusia ialah kodrat seorang muslim. Pada bulan suci Ramadhan seperti ini berbagi makanan tetap dapat dilakukan kepada mereka yang tetap berpuasa meski terkena dampak dari COVID-19. Meskipun banyak dari masjid yang tutup dan tidak dapat memberikan tempatnya untuk melaksanakan buka bersama tapi umat manusia tetap bisa berbagi dengan turun langsung kepada mereka yang membutuhkan.

Rasulullah bersabda, “Barang siapa memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (HR. Ahmad)

Bersedekah dapat menghapus dosa. Membersihkan dosa saat bulan suci Ramadhan merupakan kesempatan manusia untuk mensucikan dirinya. Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

Kegiatan beribadah selama bulan suci di masa pandemi seperti ini tetap dapat dijalankan. Meski terbatas namun pahala yang dapat diraih tetap besar dan dapat membersihkan diri dari dosa-dosa selama ini. Selamat berpuasa, tetap jaga jarak dan tetap jaga Kesehatan.

Baca juga:

Ibadah Saat Ramadhan, Perbanyak Ibadah Dari Rumah

Bulan Suci Ramadhan, Yuk Persiapkan 4 Hal Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − 5 =