Bank Indonesia Award untuk Chairman Etokohalal

0
160

Bank Indonesia Award

Bank Indonesia anugerahi chairman Etokohalal yang juga Chairman Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) dengan Bank Indonesia (BI) Award. BI Award tersebut diberikan dalam rangkaian rapat tahunan Bank Indonesia. Award diberikan atas dasar keberhasilan Bank Indonesia berkoordinasi dengan sejumlah pihak yang terkait dalam program keuangan syariah dan Industri Halal. Halal Lifestyle atau dalam bahasa keseharian kita lebih populer dengan sebutan gaya hidup halal. Gaya hidup ini bukan hanya tengah menggeliat tetapi juga telah mendapat panggung istimewa dari pemerintah Indonesia. Hampir setiap bulan, masyarakat Indonesia disuguhi dengan pentas panggung produk halal. Seperti dalam pameran produk halal, fashion show busana muslim, pameran paket perjalanan wisata halal. Selain itu juga didukung oleh menjamurnya promosi sistem keuangan untuk jual beli, simpan pinjam berbasis syariah. Bank Indonesia telah membaca potensi besar tersebut. Bahkan menjadikan Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF) 2019 yang dilaksanakan pada 14 sampai 17 November 2019 di Jakarta Convention Center berahir dengan sukses dan membahagiakan banyak pihak. Kegiatan ini menjadi sorotan tidak hanya oleh sejumlah pihak di dalam, bahkan sejumlah pihak di luar negeri.

Preiden RI Jokowidodo

Chairman Etokohalal

Chairman Etokohalal yang juga merupakan chairman Indonesia Halal lifestyle Center (IHLC) dianugrahi Award dari Bank Indonesia. Bank Indonesia yang berfungsi sebagai Bank Sentral di Indonesia mengapresiasi dan menilai bahwa Bapak Sapta Nirwandar menjadi promotor gaya hidup halal di Indonesia. Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia dihadapan Presiden RI Joko Widodo. Penghargaan ini diberikan dalam acara undangan terbatas. Dalam program pertemuan tahunan Bank Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 26 November 2019 di hotel Raffles Jakarta. Sejumlah tokoh perbankan syariah dan beberapa tokoh masyarakat juga pimpinan pondok pesantren wirausaha yang dinilai menggerakan ekonomi halal di Indonesia hadir di pertemuan tertutup tersebut.

Penganugerahan BI Award kepada Chirman IHLC

baca juga : https://setpres.setneg.go.id/foto/presiden-hadiri-pertemuan-tahunan-bi-tahun-2019/ dan https://www.suara.com/foto/2019/11/29/090000/presiden-jokowi-hadiri-pertemuan-tahunan-bi

Anugrah BI Award

Bank Indonesia Award dianugerahkan kepada mereka yang dianggap telah membantu menginisiasi dan mempromosikan keberadaan sektor ekonomi halal. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di ajang Internasional. Indonesia Halal Lifestyle Center yang telah berdiri sejak tahun 2014, selama tahun 2019 telah melahirkan banyak program. Program jejaring dengan industri halal dunia, merupakan satu dari sejumlah programnya. IHLC selalu berpartisipasi aktif dan berperan dalam setiap event halal yang tersebar di dunia. Hadir dan ikut bagian mensukseskan agenda event halal yang tersebar di dunia. Tidak hanya itu, tidak jarang IHLC juga membawa produk unggulan yang berbasis halal di Indonesia untuk mendapat partner kerja sama. Beberapa Pameran Halal dunia dimana Indonesia menjadi narasumber produk Halal Indonesia, diantaranya di Amerika Serikat, Canada, Russia, Turki, Jepang, Thailand, Taiwan, Korea, Malaysia. IHLC juga menggagas dan mengadakan forum investasi produk Indonesia di Jeddah, Saudi Arabia dan Dubai Uni Emirat Arab. Diperkuat dengan kerjasama Masjid Agung Perancis, Organisasi Pariwisata Dunia Turki.

baca juga : IHLC Gelar Investment Forum https://blog.etokohalal.com/ihlc-dan-bi-gelar-investment-forum-di-2-negara-islam-terkaya/ dan https://blog.etokohalal.com/halal-expo-canada/

BI Award Untuk Lahirnya Etokohalal

Tidak cukup dengan itu, IHLC juga mempelopori terlahirnya Marketplace Etokohalal. Sebuah platform Ecommerce yang diperuntukan kepada pelaku UMKM di Indonesia. Komitmen pemerintah untuk mensertifikasi produk UMKM Indonesia dengan sertifikat Halal. Selanjutnya mempromosikan produk bersertifikat halal ke level penjualan digital. Untuk selanjutnya menjadi konsumsi muslim dunia. Marketplace menjadi kelanjutan dari sejumlah kebutuhan yang ditemukan IHLC dalam menjalankan programnya. Tiga program untuk berjejaring dengan komunitas bisnis internasional yang diprakarsai oleh IHLC di tahun 2019, diantaranya :

1. BI Award Atas Forum Investasi Saudi Arabia

Pertemuan Investors Jeddah dengan Rendang Bukit Tinggi Padang

Sebagai upaya mengangkat produk Indonesia ke tingkat global. Bank Indonesia mendukung dan memfasilitasi upaya IHLC untuk mempertemukan produsen produk halal dari Indonesia untuk tampil di pasar global. Dengan kehadiran 88 partner usaha dari Saudi Arabia untuk 26 produsen produk halal Indonesia, kini telah lahir sejumlah champhion yang telah melakukan kontrak dagang dan kerjasama dengan pemerintah Saudi Arabia.

baca juga : IHLC menggelar Investment Forum https://blog.etokohalal.com/investor-saudi-arabia-lirik-kosmetik-halal/

2. BI Award Atas Global Islamic Economy Summit, Round table Series

Sejumlah pembicara dari Dubai dalam sesi I Round Table Series Global Islamic Economy Summit

IHLC melaksanakan Global Islamic Economy Summit, Roundtable Series. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 September 2019 di Hotel Le Meridien Jakarta. Program ini menghadirkan sejumlah institusi pemain ekonomi global dari Dubai. Hadir dalam rangkaian roundtable series tersebut Dubai Islamic Economy Developement Centre (DIEDC), Responsible Institute, London, Dinard Standard & Salam Gateway, Dubai Airport Freezone (DAFZA). Dalam sesi roundtable tersebut juga menghadirkan sejumlah perusahaan aplikasi digital lokal dan global. Mereka adalah Collabdeen, Salam Gateway, Gadjian, Kaaba Virtual Experience dan Tokopedia.

3. BI Award Atas Benchmarking Wisata Halal dengan International Halal Tourism Organization, Turki

Kiri ke kanak : (General Secretary IHATO Emrullah Ahmet Turhan), (Duta Besar Turki untuk Inonesia) Mahmut Erol Kılıç (Vice Chairman of the Board IHTO & Owner Islamitatilal) Travel Agency Taner Aydin, (Chairman of IHATO & GM & Owner Wome Delux Hotel) Yusuf Gerceker, (Turkish airlines Indonesia) Omer Ozgun & (Chairman IHLC) Sapta Nirwandar.

Program ini bertujuan untuk menjawab praduga dan prasangka negatif terhadap pengembangan wisata halal di Indonesia. IHLC menggandeng Turkish Airlines Indonesia dan Accor Indonesia menyelenggarakan benchmarking Hotel dan Resort Halal di Antalya Turki. Bagaimana dan apa sesungguhnya Hotel dan Resort Halal, dijelaskan langsung oleh pemilik dan pimpinan International Halal Tourism Organization. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 September 2019 di Hotel Mercure, Gatot Subroto, Jakarta. Kegiaan juga dihadiri oleh Duta Besar Turki untuk Indonesia.

Baca juga : Indonesia dan Turki melangkah untuk Wisata Halal https://blog.etokohalal.com/indonesia-dan-turki-melangkah-bersama-untuk-wisata-halal/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × one =