Atlet Muslim Sea Games Kekurangan Makanan Halal, Panitia pelaksana pesta olah raga Asia Tenggara, SEA Games 2019 di Filipina mendapat banyak keluhan. Salah satunya terkait makanan yang disajikan untuk para atlet dan official. Pasalnya panitia SEA Games diketahui menyajikan makanan berasal dari daging babi, termasuk bagi atlet yang beragama Islam.

Baca Juga : https://blog.etokohalal.com/potensi-makanan-halal-untuk-ekspor/

Atlet Muslim Sea Games Kekurangan Makanan Halal, Makanan menjadi permasalahan terbaru yang dialami bagi para atlet di ajang SEA Games. Pasalnya, beberapa negara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, hingga Brunei, juga membawa atlet Muslim untuk membela negara masing-masing. Sebenarnya, persoalan makanan non-halal bisa saja teratasi jika pihak panitia menyediakan label serta menyeleksi beberapa makanan yang dapat disantap untuk atlet Muslim.

Direktur Media Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Gatot Widakdo mengatakan pemain Timnas Sepak Bola Indonesia tanpa sengaja memakan daging babi. Padahal bagi pemain beragama Islam, daging babi adalah makanan haram. Tidak adanya label yang memisahkan makanan halal dan non-halal membuat Gatot tak sengaja juga memakan daging babi yang merupakan larangan dalam agama Islam.

Kontingen Singapura pun terpaksa harus membeli makanan di luar hotel tempat menginap dengan uang pribadi. Pasalnya mereka disuguhi makanan dengan lauk telur dan kikiam, yakni olahan daging babi yang dibentuk menyerupai otak-otak. Hal serupa juga dialami kontingen negara lain yang juga ada atlet muslimya.

Padahal sebelumnya Komite Muslim Filipina telah mengusulkan agar panitia memperhatikan atlet muslim. Terutama dari negara-negara berpenduduk mayoritas muslim seperti, Indonesia, Malaysia, dan Burnei Darussalam. Komite Muslim Filipina meminta panitia menyediakan papan penunjuk kiblat untuk sholat dan menyajikan makanan halal. Namun usulan tersebut tidak diperhatikan panitia.

Pentingnya Makanan Halal Bagi Atlet Indonesia

Pentingnya makanan halal bagi atlet Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan atlet Indonesia memperoleh menu makanan halal dari panitia SEA Games 2019. Sebelumnya beredar kabar bahwa panitia menyediakan daging babi tanpa diketahui atlet Muslim.

Pentingnya makanan halal bagi atlet Indonesia, Indonesia sebagai negara penyumbang atlet Muslim di SEA Games 2019 Filipina cukup khawatir terkait menu makanan yang disediakan Philippine Southeast Asian Games Committee (PHISGOC). Tak hanya Indonesia, negara mayoritas Muslim lain seperti Malaysia dan Brunei juga punya aturan ketat soal menu makanan halal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + eighteen =