Bahan dasar gelatin halal menjadi perhatian utama umat Islam. Sebagai negara muslim, pemilihan bahan dasar makanan menjadi hal yang penting. Makanan berbahan dasar halal yang diperbolehkan untuk dikonsumsi menjadi penting peredarannya dalam masyarakat. Mengkonsumsi makanan halal merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat Islam. Jadi, penyedian produk-produk halal adalah mutlak harus tersedia dipasar.

Salah satu bahan dasar yang sering digunakan untuk memasak adalah gelatin.  Gelatin adalah bahan dasar yang banyak berasal dari kulit babi ini banyak digunakan untuk makanan seperti jeli dan kue. Gelatin merupakan bahan dasar makanan yang pada dasarnya menggunakan kulit babi sebagai bahan dasar utama dalam pembuatannya. Babi merupakan hewan yang dilarang dikonsumsi dalam ajaran agama Islam.

Murah dan proses produksi yang lebih mudah serta cepat menjadi alasan mengapa kulit babi menjadi bahan dasar yang paling sering digunakan untuk membuat gelatin. Gelatin asal Eropa yang paling banyak menggunakan kulit babi sebagai bahan dasar utamanya.

Berkembangnya dunia penelitian mendorong inovasi-inovasi baru dalam pembuatan gelatin dari bahan dasar lain. Selain berasal dari kulit babi, gelatin pun dapat dihasilkan dari tulang ataupun sendi dari hewan lain khususnya hewan yang ramah dengan umat islam.

Baca juga: Gelatin bahan baku makanan dalam pro dan kontra

Bahan dasar gelatin halal juga bisa didapat dari hewan yang dianggap halal bagi umat islam. Berikut ini merupakan sumber bahan dasar gelatin yang berasal dari hewani halal.

  • Tulang dan kulit sapi. Penggunaan bahan dasar tulang dan kulit sapi merupakan salah satu opsi sebagai bahan dasar gelatin halal. Gelatin impor yang banyak masuk ke Indonesia pun banyak berbahan dasar sapi dan sudah bersertifikat halal. Sapi memungkinkan untuk menjadi bahan dasar gelatin karena kandungan kolagen yang tinggi dalam tulang dan kulit sapi memungkinkan untuk menjadikannya sebagai bahan dasar dari gelatin.
  • Kulit ikan pun menjadi salah satu opsi bahan dasar dalam pembuatan gelatin. Ikan yang biasa digunakan untuk menjadi bahan dasar gelatin adalah ikan tuna dan ikan pari. Ikan tuna mengandung sumber protein yang tinggi dan juga kadar air dan kadar abu yang dianggap telah memenuhi standar dalam pembuatan gelatin.
  • Tulang Unta. Penemuan ini dilakukan oleh Irwandi Jaswir yang telah lama melakukan penelitian dalam Halal Food. Banyaknya unta yang disembelih di Arab Saudi menjadikan unta memiliki potensi menjadi bahan dasar gelatin. Pada umumnya bahan dasar dari gelatin sendiri yaitu kolagen yang terdapat pada kulit dan tulang hampir disemua hewan.
  • Ceker ayam memiliki kandungan protein yang tinggi mencapai 64,05% dan kadar lemak 14,74% serta kandungan mineral lainnya.  Dengan kandungan yang dimiliki ceker ayam tersebut, 9-10% dari berat ceker ayam dapat diubah menjadi serbuk gelatin.

Saat ini penggunaan gelatin tidak hanya digunakan dalam makanan saja tapi juga digunakan sebagai bahan dasar obat dan kosmetik. Bervariasinya penggunaan gelatin di dalam produk keseharian, rasanya penting untuk melihat dan mengenal bahan dasar dari gelatin itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve + twelve =