Bekerja dari rumah kini menjadi solusi mengurangi penyebaran Virus. Pemerintah saat ini menghimbau warga Indonesia untuk mengurangi aktifitas diluar rumah. Tidak perlu bepergian bila benar-benar mendesak. Himbauan ini semata-mata demi kebaikan bersama agar tidak menimbulkan keresahan akan penyebaran virus Corona. Penyebaran cepat dari virus Corona sangat meresahkan apabila tidak di antisipasi dengan kesadaran dari warga agar tidak bepergian keluar rumah, atau mengisolasi diri.

Anjuran bekerja dari rumah bukan berarti hari libur. Para pekerja dituntut untuk tetap efektif bekerja dari luar kantor untuk menghindari berpapasan dengan orang yang bisa saja sebagai penderita virus epidemic. Bekerja dirumah bukanlah waktu yang tepat untuk bepergian dan menghabiskan waktu bersama keluarga diluar rumah.

Sejak Lembaga kesehatan dunia WHO menetapkan virus Corona sebagai epidemi, pemerintah semakin aktif menganjurkan warganya untuk menjaga kesehatan juga mengurangi interaksi dengan banyak orang. Salah satunya denhan menghindari tempat ramai dan jangan mengadakan sebuah kegiatan yang membuat keramaian menjadi fokus utama penanggulangan epidemi ini.

Hindari bertemu dengan banyak orang

Bukan berarti suā€™udzon dengan orang lain. Langkah antisipasi diperlukan dikala situasi seperti ini. Penyebaran virus Corona yang mulai massif dikhawatirkan menciptakan sebuah lonjakan penderita yang tinggi. Untuk menghindari hal tersebut terjadi maka alangkah baiknya kita untuk menghindari untuk berkumpul dengan banyak orang dan tetap berada di dalam rumah.

Kantor merupakan salah satu lokasi tempat berkumpulnya banyak orang dalam satu tempat dan satu waktu. Maka, banyak perusahaan yang membuat aturan untuk para pekerjanya bekerja dari rumah tanpa perlu pergi ke kantor. Aturan ini memiliki tujuan untuk mengurangi resiko terjadinya kontak antar pekerja yang bisa saja telah mengidap virus Corona.

Tetap bekerja dengan efektif dari rumah

Meski regulasi bekerja dari rumah, tapi alangkah baiknya bila kita tetap bekerja seperti hal nya dikantor. Bekerja dari rumah bukan berarti bisa bebas dan liburan, bekerja seperti biasa namun tidak berada kantor. Sebisa mungkin membawa pulang pekerjaan yang biasa dikerjakan dikantor agar tetap efektif dan menumpukkan pekerjaan saat kembali masuk ke kantor.

Baca juga: Virus Corona Datang, Berikut Langkah Antisipasinya

Bekerja dari rumah harus tetap efektif dengan menggunakan kecanggihan teknologi saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi maka pekerjaan akan tetap efektif seperti melakukan tele conference dengan teman kantor menggunakan alat komunikasi berbasis Internet.

Tetap menjalankan ibadah

Bekerja dari rumah memudahkan waktu untuk menjalankan ibadah. Tetap melaksanakan ibadah merupakan kewajiban kita sebagai umat beragama. Berada di rumah bisa membuat kita melaksanakan ibadah bersama keluarga dan semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Baca juga: Wabah Penyakit Masa Rasulullah, Berikut Antisipasinya

Mencuci tangan dengan bersih merupakan salah satu hal yang kerap diharuskan untuk dilakukan. Dalam berwudhu, Islam menganjurkan untuk mencuci tangan dalam Gerakan pertamanya secara sadar umat Islam telah melakukan cuci tangan minimal 5x dalam satu hari. Jika dianggap masih kurang ada baiknya untuk sering membersihkan tangan diluar waktu sholat.

Menjaga kesehatan

Hindari bepergian, tingkatkan imun serta menjaga kesehatan merupakan salah satu yang bisa lakukan saat dirumah. Apabila dikantor sering terlambat saat jam makan, maka saat dirumah buatlah pola makan teratur serta sesekali melakukan istirahat untuk menjaga kondisi tubuh.

Tubuh yang sehat sangat dibutuhkan dikala penyebaran wabah seperti ini. Dengan tubuh yang sehat virus ini diharapkan sulit untuk masuk dan berkembang karena memiliki kekebalan imun yang baik.

Virus Corona (COVID-19) ini bukanlah tidak bisa disembuhkan. Para penderita wabah ini pun menunjukkan perkembangan yang membaik, kematian akan wabah ini hanya 3% diseluruh dunia. Namun bukannya kita tidak perlu waspada, bila mencegah lebih baik daripada mengobati kini saat untuk memilih melakukan antisipasi sejak dini daripada menghiraukan kemungkinan yang dapat terjadi.

Semoga Allah SWT tetap menjaga kita dari segala macam penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two + fourteen =