Belanja di supermarket yang kerap dilakukan selama ini mungkin harus dibatasi pada masa pandemi seperti ini. Mulai dari berbelanja barang kebutuhan dasar hingga kebutuhan yang menyangkut hobi dan minat lebih banyak dibeli dari situs-situs penjual daring. Berbelanja online kini sangat disarankan seiring banyaknya pusat perbelanjaan yang tutup karena masa pandemi seperti ini.

Pemberlakuan PSBB benar-benar membuat pergerakan orang sangat terbatas. Himbauan keluar rumah pun diperbolehkan asal benar-benar penting dan mendesak. Apabila tidak terlalu mendesak disarankan untuk tidak meninggalkan rumah, demi memutus rantai penyebaran COVID-19.  

Masih diperbolehkan belanja di supermarket asal tetap menerapkan protokol Kesehatan.

Pemerintah sebenarnya masih memperbolehkan keluar rumah untuk kepentingan yang benar-benar mendesak. Salah satunya adalah berbelanja bahan pokok, saat ini memang anda dapat berbelanja bahan pokok melalui situs-situs daring penjualan barang dan akan diantarkan kerumah. Namun, rasanya kurang puas jika belum berbelanja dengan memilih secara langsung produk yang akan dibelinya.

Supermarket merupakan salah satu usaha yang masih diperbolehkan beroperasi di masa PSBB. Supermarket diperbolehkan untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat, dengan tetap memberlakukan protokol Kesehatan. Selain itu, dengan tetap dibukanya supermarket masyarakat dapat berbelanja kebutuhan pokok hariannya.

Menggunakan masker saat berada di dalam supermarket

Protokol Kesehatan wajib digunakan saat berkunjung ke supermarket. Saat ini semua supermarket wajib menerapkan protokol Kesehatan bagi para pengunjung yang ingin berbelanja di supermarket. Penggunaan masker wajib digunakan tidak hanya oleh pengunjung tapi juga para pekerja supermarket. Menggunakan masker akan mengurangi resiko tertularnya virus saat berada ditempat umum.

Pemeriksaan suhu tubuh sebelum sebelum belanja di supermarket

Penerapan protokoler yang paling mudah dilakukan adalah pemeriksaan setiap pengunjung yang datang. Sebelum memasuki wilayah perbelanjaan, perusahaan supermarket harus menyiapkan petugas untuk mengukur suhu tubuh setiap pengunjung. Pemeriksaan suhu tubuh ini untuk meminimalisir mereka yang tengah demam untuk tidak berada diwilayah perbelanjaan. Karena demam adalah salah satu gejala dari pengidap COVID-19.

Membawa hand sanitizer

Supermarket merupakan salah satu lokasi yang dikunjungi oleh banyak orang. Potensi adanya bakteri dan virus yang menempel pada benda-benda dapat terjadi. Demi menjaga kebersihan diri alangkah baikknya untuk selalu membawa hand sanitizer. Kerap membersihkan tangan setelah menyentuh atau memegang sesuatu sebelum menyentuh mata, hidung ataupun mulut. Menghindari potensi menempelnya virus atau bakteri di tangan kita.

Jaga jarak antar pengunjung

Menerapkan jaga jarak atau physical distancing juga perlu dilakukan saat berada didalam supermarket. Menjaga jarak antar pengunjung dapat mengurangi resiko penularan antar manusia. Saat ini pun supermarket telah memberikan batasan-batasan jarak antar pengunjung yang harus ditaati.

Tidak melakukan panic buying

Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan. Masa pandemi global jangan dijadikan alasan untuk membeli segala kebutuhan secara berlebihan. Berbelanja secara berlebihan hanya akan merugikan orang lain yang juga membutuhkan barang yang sama di waktu yang sama.

Menerapkan protokol Kesehatan saat berada diluar rumah sangatlah penting untuk menghindari potensi penularan COVID-19. Semakin mengikuti dan menerapkan anjuran dari pemerintah turut juga membantu menghentikan penularan COVID-19 di Indonesia.

Baca juga:

Berjualan Secara Daring, Solusi Penjualan Saat Ini

Memasarkan Produk Halal Melalui Internet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 2 =