Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menuntut penggunanya untuk mengayuh sepeda menggunakan kedua kakinya dan menjaga keseimbangan saat bergerak. adalah Sepeda adalah salah satu transportasi modern yang kini kerap digunakan untuk berolahraga. Tanpa menggunakan mesin, menggerakan sepeda tidak hanya membutuhkan kekuatan kaki tapi juga fisik yang mumpuni.

Sebagai alat transportasi, sepeda dapat digunakan menuju kemanapun. Salah satu tujuan perjalanannya adalah menuju kota Suci Mekkah menggunakan sepeda. Bersepeda menuju kota Suci Makkah pernah dilakukan oleh seorang Muslimah. Perjalanan menuju kota suci Makkah ini dilakukan oleh Muslimah asal Tunisia bernama Sara haba. Sara melakukan perjalanannya menuju Makkah bersama sepedanya yang ia beri nama “Merzouga” yang memiliki arti “Rahmat dengan berkat” dari Bahasa arab Maghrebi.

Wanita pertama yang melakukan perjalanan seorang diri

Sara merupakan seorang Muslimah pertama yang melakukan perjalanan seorang diri menggunakan sepeda menuju Makkah. Meski perjalanannya tidak ditujukan untuk melakukan haji ataupun umroh, Sara sebagai muslim memiliki kehendak untuk bisa melihat ka’bah secara langsung.

Baca juga: Naik Motor Ke Tanah Suci Mekkah Dan 1000 Pesan Cinta

Bersepeda menghabiskan waktu 53 hari perjalanan

Bila diukur melalui peta, perjalanan yang dilakukan seorang Sara menempuh jarak hingga 4176 KM. Perjalanan ini dilakukannya seorang diri, dan ia pun banyak mendapat bantuan dari orang yang bersimpati padanya. Tidak sedikit orang yang membantunya selama dalam perjalanan, kisah perjalanannya juga ia dokumentasikan dan juga ia bagikan melalui sosial media dengan tagar #cyclingtomecca yang membuat ia banyak dikenali selama diperjalan.

Menemui berbagai macam hambatan

Perjalanan yang dilakukannya seorang diri membuatnya memiliki rasa ketakutannya sendiri. Aturan hukum Arab Saudi sesungguhnya tidak memperbolehkan seorang wanita yang datang sendiri untuk bisa masuk tanpa diwakili oleh walinya yang sedarah.

Selain hukum yang berlaku, Sara pun sempat mendapati kendala pada sepedanya, dimana ia harus memperbaiki sepedanya saat berada digurun pasir. Namun halangan dan rintangan yang ia temui selama diperjalanan bisa dapat ia lalui dan tiba di Mekkah dengan selamat.

Ucapan terima kasih kepada mereka yang mendukungnya

Kisah viralnya di sosial media membuatnya mendapat banyak dukungan dari seluruh orang dunia. Tidak hanya pesan-pesan semangat yang dikirimkan melalui sosial media, tapi juga yang datang menemuinya yang banyak membantu segala kebutuhannya, seperti air minum dan juga tempat menginap. Hingga ada juga dukungan dari seorang wanita yang datang menghampirinya rela datang melalui 200 km untuk menemui Sara.

Banyak cara dan jalan untuk bisa datang ke kota suci dan juga pusat agama Islam di Makkah. Mulai dari transportasi tercepat menggunakan pesawat terbang sampai transportasi mengayuh sepeda. Apapun transportasi yang digunakan tujuannya adalah Makkah, Arab Saudi. Selama ada niat, maka akan selalu ada jalan untuk bisa mencapainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + seven =