Bulan suci Ramadhan akan segera tiba, tanpa terasa kurang dari 1 bulan kita akan kembali memasuki bulan penuh berkah dan rahmat. Bulan suci Ramadhan yang sekiranya akan mulai pada tanggal 23 April mendatang tengah dalam masa pandemi corona. Bulan kemenangan bagi umat Islam akan hadir ditengah merebaknya wabah pandemi Corona yang saat ini sedang menjalar di Indonesia serta dalam kondisi anjuran untuk tidak keluar rumah.

Pemerintah telah menetapkan masa tanggap darurat COVID-19 hingga akhir bulan Mei 2020. Artinya, pada Lebaran Idul Fitri 2020 yang diperkirakan akan jatuh pada 23 Mei mendatang kita masih akan menghadapi situasi waspada akan COVID-19 yang masih diharapkan bisa dihentikan penularannya. Meski dalam situasi seperti ini, sebagai umat muslim harus tetap merayakan kehadiran bulan Suci Ramadhan dengan suka cita.

Menikmati bulan suci Ramadhan bersama keluarga dirumah

Bila masa berada dirumah diperpanjang maka umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa dalam kondisi Work From Home alias WFH. Berpuasa tanpa perlu keluar rumah atau tetap melakukan pekerjaan dari dalam rumah menjadi pengalaman yang jarang terjadi. Dalam kondisi seperti ini, alangkah baiknya untuk bisa mempererat kualitas waktu bersama keluarga dan juga memiliki waktu lebih dalam meningkatkan ibadah selama bulan suci.

Taraweh dirumah saja

Kegiatan yang selalu dirindukan selama bulan suci adalah melaksanakan sholat tarawih berjamaah. Kegiatan tarawih berjamaah mungkin akan ditiadakan selama bulan puasa tahun ini. Dengan alasan mengurangi berkumpulnya orang dalam jumlah banyak, sholat tarawih akan ditiadakan di masjid-masjid. Himbauan pemerintah dan organisasi masyarakat agama yang saat ini meminta jamaah untuk sholat dirumah dahulu akan berimbas kepada sholat tarawih yang juga akan dilarang selama bulan puasa.

Selain sholat tarawih berjamaah yang mungkin akan ditiadakan, sholat Idul Fitri atau Ied saat lebaran pun juga akan ditiadakan. Sholat Ied sebagai penanda berakhirnya bulan suci Ramadhan akan ditiadakan apabila penyebaran virus COVID-19 masih dalam tahap yang membahayakan.

Sebagai gantinya, para umat Islam dapat melaksanakan ibadah sholat tarawih dirumah. Sholat berjamaah bersama keluarga bisa menjadi pengganti sholat tarawih berjamaah di masjid. Tanpa perlu mengumpulkan banyak orang, cukup dengan keluarga saja sholat tarawih pun dapat dilakukan.

Baca juga: Ibadah Meningkat Saat Work From Home

Tradisi pulang kampung dibatalkan

Tradisi pulang kampung pun tahun ini akan dibatalkan oleh pemerintah. Demi memutus rantai penyebaran COVID-19 orang-orang yang berada di daerah-daerah terjangkit dihimbau untuk tidak kembali ke kampung asal. Pemerintah menghimbau untuk meniadakan mudik demi mencegah penyebaran virus corona yang mungkin saja dibawa oleh seseorang saat pulang kampung.

Sebagai gantinya, umat Islam dapat memanfaatkan penggunaan teknologi dalam berkomunikasi. Berkomunikasi melalu pesan singkat ataupun panggilan video rasanya dapat menjadi solusi terbaik yang bisa dilakukan untuk melepas rindu dengan keluarga dikampung halaman.

Bulan suci Ramadhan tahun ini akan terasa berbeda dengan sebelumnya. Meskipun akan banyak kegiatan yang dilarang, tidak menutup kemungkinan untuk tetap melaksanakan ibadah sebaik mungkin selama Ramadhan. Bulan suci di masa pandemi seperti ini tidak menjadikan alasan bagi umat muslim untuk tidak melaksanakan ibadah secara maksimal demi mendapat pahala yang berlimpah dibulan yang penuh berkah ini.

Baca juga:

Menjalin Silaturahmi Selagi Masa Epidemi

Bekerja Dari Rumah, Berikut Tips Agar Tetap Produktif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + 2 =