Bulan suci Ramadhan kali ini merupakan Ramadhan yang akan hadir ditengah kewaspaan akan pandemi virus Corona. Meski dalam masa pandemi tidak seharusnya membuat kebahagiaan atas kehadiran bulan suci Ramadhan berkurang. Salah satu bulan terbaik dalam kalender Islam ini merupakan saat dimana pintu keberkahan juga pintu surga dibuka selebar-lebarnya serta waktu yang sangat baik untuk mengumpulkan pahala.

Bulan suci Ramadhan yang selalu dinanti adalah dimana masa-masa kita mencari pahala sebesar-besarnya. Berbuat kebaikan dengan memberi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan demi mendapat keberkahan seluas-luasanya.

 Bulan suci Ramadhan penuhi bahan makanan untuk berbuka dan sahur

Selama masa pandemi, kegiatan buka bersama akan dibatasi bahkan dilarang. Sesuai dengan anjuran pemerintah untuk mengurangi kegiatan berkumpul, maka lebih baik siapkan bahan makanan untuk bersama keluarga berbuka puasa dirumah. Selain untuk berbuka puasa, kesiapan bahan pangan pun akan memenuhi kebutuhan keluarga saat sahur.

Pilih bahan makanan yang sehat juga tidak berlebihan. Dalam masa pandemi seperti ini tubuh diharuskan untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh juga memberikan ketahanan agar tidak mudah terserang penyakit.

Lakukan olahraga ringan

Meski dalam kondisi berpuasa, tidak salah untuk tetap menjaga stamina dengan berolahraga. Pilihlah olahraga yang tidak terlalu melelahkan dan dapat dilakukan dari dalam rumah. Berolahraga tetap disarankan dilakukan selama bulan puasa sembari menunggu waktu berbuka. Olahraga ringan dapat dilakukan paling lama 30 menit menjelang berbuka puasa, atau setelah sahur.

Contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan seperti melakukan yoga, naik turun tangga dan senam. Kegiatan olahraga tersebut dapat dilakukan di dalam rumah tanpa perlu harus keluar rumah. Janganlah memforsir tenaga selagi berolahraga selama puasa, cukup dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Beribadah bersama keluarga dari rumah

Selama pandemi, tarawih berjamaah di masjid kemungkinan akan dilarang. Hal yang terbaik bisa kita lakukan adalah memanfaatkan waktu ini untuk bisa melaksanakan ibadah bersama keluarga. Seperti, berbuka puasa bersama, sholat tarawih berjamaah dirumah dan juga melakukan ibadah lainnya.

Selain mengeratkan diri dengan Allah SWT sang pencipta, beribadah dari rumah juga menambah keharmonisan juga keutuhan dengan keluarga serta mengajari anak-anak untuk melaksanakan ibadah selama bulan suci Ramadhan.

Beramal dengan berbagi

Meskipun bulan suci Ramadhan kali ini harus dilalui dalam masa pandemi, ada baiknya kita tetap berbagi. Pintu pahala dibuka sebesar-besarnya, kesempatan ini harus tetap diambil bagi para umat Islam untuk berbagi. Seperti berbagi untuk kaum yang lebih membutuhkan untuk berbuka puasa ataupun musafir yang diharuskan berbuka puasa dijalanan.

Selain berbagi menu berbuka selama bulan puasa, membayar zakat juga menjadi hal yang wajib dilakukan bagi yang mampu. Sumbangan zakat yang anda berikan akan bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan agar bisa sama-sama merasakan hari raya setelah bulan suci Ramadhan.

Jangan jadikan pandemi corona penghalang kebahagiaan kehadiran bulan suci Ramadhan. Tetap sambut bulan suci dengan suka cita karena ini adalah masa dimana umat Islam akan mendapat pahala sebanyak-banyaknya.

Baca juga:

Masa Pandemi Corona, Masa Bersama Keluarga

Adzan Berkumandang Di Eropa Demi Solidaritas Melawan Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + eleven =