UMKM halal menjadi target pemerintah menaikkan industri UMKM Indonesia. Industri halal kini tengah naik daun. Tidak hanya di Indonesia, nyatanya produk halal telah menjadi kebutuhan dunia. Bahkan, di negara-negara yang berbasis non-muslim pun permintaan akan produk halal meningkat.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia sudah sepantasnya menjadi negara penghasil produk halal yang mendunia. Namun, nyatanya justru negara-negara yang bukan bermayoritas non-muslim menjadi negara yang juga turut melakukan ekspor produk-produk halal ke dunia. Seperti Korea Selatan yang kini tengah giat mengajukan produknya untuk mendapat pengakuan label halal dunia untuk bisa menjual produk ke negara-negara muslim.

Potensi bisnis UMKM Halal alasan pemerintah memberi sertifikat halal gratis

Potensi bisnis halal sangatlah besar dengan semakin banyaknya umat muslim yang bertambah. Pertambahan umat muslim ini berasal dari negara-negara di benua Eropa dan Amerika yang mulai mempelajari Islam dan tertarik akan Islam. Semakin bertumbuhanya umat muslim, semakin dibutuhkannya pula produk halal tersedia di pasar-pasar untuk dapat dikonsumsi.

Produk halal yang paling dicari adalah makanan. Sebagaimana Al-Quran telah mengajarkan untuk memakanan makanan yang dbolehkan dan tidak mengkonsumsi makanan yang haram (dilarang). Halal dalam makanan meliputi bahan baku hingga proses pembuatan yang sudah diatur dalam kaidah agama. Bila semua unsur telah dipenuhi maka makanan sudah menjadi makanan halal yang layak dikonsumsi.

Produk halal yang dikirim ke luar negeri tidak hanya kini dikonsumsi oleh para umat Islam, tapi juga bagi non-muslim yang sudah peduli akan makanan yang disantapnya. Produk dengan label halal sudah pasti mengandung segala unsur yang di syariatkan dalam agama Islam. Segala yang sudah dianjurkan sudah pasti memiliki manfaat untuk melindungi tubuh umat Islam dan sudah terbukti sehat bagi tubuh manusia.

Produk halal menjadi bukti keragaman inovasi makanan halal yang ada di Indonesia.

UMKM di Indonesia turut dimasukkan dalam proyeksi jangka Panjang pemerintah untuk menguatkan produk halal Indonesia. Kebutuhan produk halal yang dibutuhkan dunia harus dapat dipenuhi oleh Indonesia. Banyaknya peminat akan produk halal membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memiliki visi ke depan setelah mendapat sertifikat produk halal. Seperti melakukan ekspor produk.

Baca juga: Produk Halal Go Internasional, Kenapa Tidak?

Biaya pembuatan sertifikat Halal yang tidak murah diakui memang menjadi kendala bagi para pelaku UMKM. Sehingga membuat banyaknya UMKM yang tidak mempertimbangkan sertifikat halal sebagai kewajiban. Selain itu proses yang Panjang dibutuhkan untuk mendapat sertifikat Halal menyulitkan para pelaku UMKM.

Dengan niat memberikan sertifikat halal gratis bagi UMKM, diharapkan ekspor akan produk halal ke negara-negara lain mulai terangkat. Produk halal Indonesia bisa mendunia dengan kualitas produk makanan halal yang tidak hanya nikmat tapi juga mampu menampilkan inovasi terbaru dari kuliner nusantara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + six =