Ekspor produk UMKM mendorong devisa bagi negara. Menjual produk tidak hanya sebatas untuk konsumsi dalam negeri saja. Saat ini semakin banyak pengusaha yang melebarkan jaringan usahanya untuk menjual produknya ke pasar luar negeri dan mencapai sukses besar. Produk kreatif lokal mendorong pengusaha untuk bisa masuk ke pasar luar negeri dengan membawa keunikan yang tidak di miliki oleh negara lain.

Indonesia dengan populasi masyarakat yang besar sudah semestinya memiliki kreatifitas dalam bidang usaha. UMKM yang turut mendorong masyarat untuk bisa bekerja mandiri sudah sepantasnya mampu membesarkan peluang penjualannya ke pasar mancanegara. Ditambah lagi kini pemerintah semakin mendorong dan memafasilitasi para pengusaha UMKM untuk bisa menjadikan produknya menarik di pasar konsumen asing.

Salah satu produk yang menarik untuk di ekspor adalah produk-produk bersertifikat halal. Pasar produk halal kini semakin membesar, khususnya untuk negara-negara bermayoritas penduduk muslim. Produk ekspor halal dapat ditargetkan untuk negara-negara Timur Tengah, dan juga negara maju seperti Eropa dan Amerika.

Menyesuaikan selera pasar mancanegara

Para pengusaha UMKM harus memiliki kreatifitas untuk membuat ketertarikan pasar mancanegara. Melakukan riset untuk mengetahui minat pasar menjadi tugas utama sebelum menawarkan sebuah produk. Produk yang ditawarkan harus berdasarkan kebutuhan akan pasar tertentu. Mengetahui minat serta ketertarikan tujuan ekspor menjadi hal utama dalam melakukan inovasi produk. Dengan mengetahui selera pasar maka produk ekspor akan cepat diminati dan mendapat banyak perhatian dari konsumen asing.

Baca juga: Kampanye Produk Halal Di Indonesia

Menciptakan produk halal yang dibutuhkan di negara-negara maju

Dikenal sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia sudah seharusnya menjadi raja ekspor produk-produk halal. Pemahaman tentang definisi halal dan menerapkannya kedalam sebuah produk menjadi faktor utama dalam pengaplikasian produk halal.

Kini selain Indonesia, negara-negara seperti Korea dan Thailand pun turut meramaikan kompetisi produk halal. Besarnya minat akan produk halal mendorong banyak perusahaan yang bukan berasal dari negara non mayoritas muslim pun turut masuk ke pasar dengan konsumen pengkonsumsi produk halal. Melihat potensi ini sudah sewajarnya UMKM mampu memiliki daya saing tinggi.

Menyediakan Gudang penyimpanan di negara tujuan

Menyiapkan Gudang sebagai tempat penyimpanan untuk produk UMKM wajib dilakukan. Gudang menjadi tempat stok penyimpanan sebelum produk di distribusikan kepada konsumen. Selain Gudang penyediaan tempat showcase untuk produk UMKM pun wajib disediakan sebagai wadah untuk menampilkan produk-produk yang berasal dari UMKM. Lokasi penampilan dapat memanfaatkan pameran-pemeran ataupun menyewa gerai di Mall yang mampu menghadirkan banyak konsumen asing.

UMKM kini harus memiliki pandangan jauh kedepan untuk dapat bersaing di pasar global. Pihak swasta dan pemerintah harus bersinergi dalam mengembangkan produk-produk UMKM ke pasar mancanegara. Selain menaikkan devisa negara, ekspor produk UMKM juga membukakan mata konsumen asing tentang keunggulan produk buatan anak bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + 19 =