Chairman Indonesia Halal Lifestyle Center yang juga Chairman Etokohalal, Bapak Dr. Sapta Nirwandar mengisi seri ke-2 Webinar Series. Tema yang menjadi payung pelaksanaan Webinar Series ini adalah “The Impact of Covid-19 to Halal Industry. Seri ke-2 Seminar Internasional yang dilaksanakan di puasa hari pertama ini, membahas tentang analisa para nara sumber, mengenai faktor-faktor apa saja yang terjadi selama wabah Covid-19 di seluruh dunia. Khusunya yang berkaitan dengan dampak Ekonomi. Lebih khusus lagi Ekonomi Halal yang didalamnya menggeliat Industri Halal. Baik Industri bersekala besar maupun usaha mikro kecil dan menengah produk Halal. Selama dua jam para nara sumber membahas kondisi wabah Corona Covid-19 dengan menggunakan kaca mata ekonomi.

Dalam Webinar seri ke-2 yang dilaksanakan pada hari Jum’at 24 April 2020, sejumlah nara sumber lainnya adalah Dr. Anwar Abbas, Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia. Dalam pesentarinya, Dr. Anwar Abbas membasa kondisi wabah, denga tanggung jawab dan peran perseorangan. Perseorangan dengan Pemerintah. Pemerintah dengan masyarakat nya. Dan konsep filosofi ekonomi Pancasila. Filosofi Ekonomi pancasila yang menjanjikan kesejahteraan pada masyarakatnya. Kesejahteraan yang tidak terlepas dari nilai-nilai sosial keagamaan.

Analisa Chairman Etokohalal terhadap Dampak Covid-19 Terhadap Industri Halal

Dr. Sapta Nirwandar dalam analisa nya menjabarkan, terdapat emapt fase yang akan dihadapi dalam era covid-19 yang menjadi wabah dunia. Saat paparannya ditayangkan, data kasus penderita Covid-19 Corona telah mencapai 7.775 kasus. Dengan total korban meninggal dunia sebanyak 647 orang dan 960 sembuh. Bercermin dari kondisi tersebut, dan berdasarkan analisa yang dilakukan lembaga research dan penelian seperti Mc. Kensey, maka Indonesia akan memasuki empat tahapan. Pre COvid, Current Situation, Recovery Program dan Post Covid. Dalam alur tersebut digambarkan sejumlah scenario baik yang berupa program pertahanan (Survival Action) dan Program mendesak (Imperative Action). Selanjutnya Indonesia akan memasuki tahapan Post-Covid dimana masyarakat Indonesia akan memasuk fase New Normal dan Next Normal. Fase tersebut yang merupakan masa kebangkitan trend gaya hidup halal. Sebagaimana dalam kondisi sebelum covid-19, Gaya hidup halal sudah mulai menggeliat di sejumlah negara. Sebagai bentuk kehidupan yang menjamin kualitas hidup. Tidak saja bagi umat islam, tetapi bagi seluruh umat manusia.

Lebih detail Paparan Materi Presentasi Bapak Sapta Nirwandar, dapat diunduh melaui file : https://bit.ly/3eRmIpU

Pembicara Internasional Webinar Series

Sementara itu, pembicara terahir dalam rangkaian Webinar Series adalah Prof. Ashraf bin Md, Hashim. Prof. Ashraf adalah seorang peneliti senior International Sharia Research Academy. Dalam materi yang disampaikannya, disampaikan 2 options. Dalam kondisi wabah dunia, maka pilihan yang dapat dipilih oleh para pelaku industri dan pelaku usaha, adalah Rescheduling dan Restructuring.

Webinar yang berlangsung selama hampir dua jam ini dihadiri oleh peserta online. Peserta Online Seminar yang tidak hanya berasal dari jakarta. Namun tersebar luas di seluruh kota di Indonesia. Seperti Sumatera Barat, Sulawesi Selatan dan Jawa Timur. Tercatat mengikuti webinar series ini mencapai 200 peserta. Selama pelaksanaan Webinar ini, Prof. Dian Masyita dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran hadie sbagai moderator. mengantarkan Webinar ini berjalan dengan sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 + thirteen =