Gaya berpakaian pria tidak lagi hanya pakaian yang biasa saja. Fesyen tidak hanya bagi kaum wanita, kaum pria pun memiliki gaya yang kekinian. Gaya berpakaian bagi pria tidak hanya terpaku pada baju koko, jas, dan kaus saja. Kini gaya berpakaian bagi pria sudah Beragam bentuk dan model. Gaya kekinian bagi pria pun semakin disesuaikan dengan zaman yang semakin modern dan beragam.

Bagi umat muslim gaya berpakaian memiliki kaidah yang telah diatur, tidak hanya wanita saja tetapi pria pun di atur dalam menggunakan pakaian. Kaidah-kaidah dalam Islam yang mengatur batasan-batasan tersebut menjadi kretifitas bagi para desainer pakaian untuk mengembangkan pakaian untuk pria modern yang tetap dalam kaidah-kaidah tersebut.

Meski tidak terlalu sering dibahas, gaya berpakaian muslim pria pun memiliki kaidah-kaidah yang harus ditaati. Untuk tetap menjauhi larangannya dan memiliki keimanan dan ketaqwaan.

Menutup aurat

Sama seperti wanita, pria pun wajib menutup auratnya. Bagi pria muslim auratnya adalah dari pusar perut sampai lutut. Menutup aurat merupakan kewajiban bagi umat muslim, agar tidak menimbulkan fitnah alangkah baiknya dalam keseharian pria wajib menutup auratnya. Selain menghidari fitnah, menutup aurat juga bertujuan membuat seorang pria terlihat rapih dan sopan saat dilihat orang lain.

Mengenakan pakaian longgar

Setelah wajib menutup aurat, pakaian longgar pun lebih dianjurkan untuk digunakan. Hal ini pun berlaku bagi wanita muslim, menggunakan pakaian yang longgar adalah salah satu kaidah dalam Islam. Membungkus badan dengan pakaian longgar memiliki fungsi untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Baca juga: Halal Lifestyle, Gaya Hidup Kekinian Umat Islam

Hindari pakaian yang menyerupai wanita

Pria muslim dilarang menggunakan pakaian yang menyerupai wanita. Hukum ini pun berlaku bagi wanita, wanita muslim pun dilarang menggunakan pakaian yang menyerupai pakaian pria dalam gaya berpakaiannya.

Celana tidak dibawah mata kaki

Meski kerap menjadi kontroversi namun penggunaan celana isbal atau berada di atas mata kaki merupakan salah satu hukum dalam Islam. Penggunaan celana yang Panjangnya melebih mata kaki dianggap sebagai penyombongan diri. Hukum ini pun berlaku tidak hanya untuk celana Panjang saja, tapi juga untuk penggunaan sarung.

Menggunakan pakaian berwarna putih

Warna putih melambangkan kebersihan dan kesucian. Islam sesungguhnya tidak membatasi penggunaan warna yang dipilih namun alangkah baiknya untuk menggunakan warna putih, karena dalam penggunaan ihram saat ibadah haji pun berwarna putih. Bahkan saat wafat menggunakan kain kafan juga yang berwarna putih.

Tidak menggunakan emas

Pelarangan penggunaan emas bagi pria dianggap sesuatu yang berlebihan. Apalagi dalam berhias, Islam melarang penggunaan emas pada pria. Emas masuk sebagai kategori perhiasan yang memiliki nilai tinggi yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mempercantik diri. Sedangkan, bagi kaum pria dianggap tidak memerlukan perhiasan. Namun berbeda bagi kaum wanita yang diperbolehkan untuk menggunakan perhiasan untuk mempercantik diri.

Kaidah-kaidah tersebut merupakan bagaimana umat muslim pria harus berpakaian. Jadi, para pria tetap bisa bergaya kekinian tanpa melewati batas-batas kaidah berpakaian umat muslim serta tetap dapat menjalankan ibadahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − fifteen =