Halal lifestyle bagi muslim kini semakin marak. Perkembangan Syariah di Indonesia semakin besar. Besarnya pasar bagi para pelaku industri halal kiam marak. Hadirnya produk-produk berbasis halal membawa keuntungan sendiri bagi mereka. Semakin banyaknya umat muslim yang peduli akan produk-produk yang sesuai kaidah-kaidah dalam agama semakin menciptakan pasar yang menjanjikan.

Produk-produk halal kini tidak hanya terpaku pada produk-produk konsumsi seperti makanan & minuman dan obat-obatan. Produk halal kini sudah merambah hingga produk kebutuhan rumah tangga, pakaian hingga elektronik.

Produk halal, pilihan utama bagi yang menjalankan halal lifestyle.

Agama tidak hanya mengajarkan bagaimana hidup tentang beribadah saja, tapi juga mengajarkan apa saja yang diperbolehkan dan dilarang dalam kehidupan. Maka dari itu, produk halal tidak saja hanya mengenai sesuatu yang kita konsumsi saja, tapi juga mengajarkan kebaikan sesama manusia seperti proses dalam mendapat bahan baku yang digunakan serta proses produksi hingga produk sampai kek konsumen. Meski kandungan dalam produk tersebut halal namun jika cara mendapatkan produk tersebut tidak baik maka produk tersebut tergolong haram.

Baca juga: Halal Lifestyle, Gaya Hidup Kekinian Umat Islam

Halal lifestyle bagi muslim merupakan gaya hidup yang dijalankan sesuai dengan syariat agama. Mulai dari pakaian yang mereka kenakan hingga segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuhnya. Menjalani hidup dengan menganut gaya hidup halal, menjadikan seseorang menjalankan kesehariannya sesuai dengan ajaran yang diperbolehkan dalam agama.

Menerapkan halal lifestyle dengan berpakaian sesuai Syariah agama

Allah SWT telah mengatur tata cara berpakaian bagi umat muslim. Baik pria dan wanita diharuskan untuk menutup aurat mereka saat tidak Bersama dengan muhrimnya. Bagi wanita menutup aurat adalah menutup seluruh tubuhnya dan hanya dibolehkan membuka muka dan telapak tangan. Sedangkan bagi pria, auratnya yang wajib ditutup adalah dari pusar sampai lutut kaki. Selain aurat Allah SWT menyarankan umat muslim untuk berpakaian dengan sopan.

Memakan makanan yang halal

Selain tata cara berpakaian yang sopan serta sesuai dengan Syariah agama, memilih makanan pun menjadi salah satu elemen penting dalam menjalanakan gaya hidup halal. Makanan halal adalah makanan utama bagi umat muslim. Allah SWT telah menentukan bahan makanan apa saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan makanan apa saja yang dilarang.

Tidak bertransaksi riba

Salah satu syariat dalam agama Islam adalah dilarangnya bertransaksi dengan riba. Allah telah melarang segala transaksi keuangan secara riba. Riba hadir karena kebutuhan keuangan, penentuan bunga secara sepihak menjadikan riba adalah salah satu sistem pembayaran yang berlaku dalam dunia untuk memberi keuntungan. Dalam menyempurnakan gaya hidup halal seorang muslim harus lah menjauhkan riba, dengan cara memilih institusi keuangan yang berbasis Syariah akan lebih membantu dalam hal keuangan.

Menjalani gaya hidup halal merupakan hal yang kini semakin digandrungi. Meski harus sedikit merubah pola gaya hidup kekinian namun nyatanya menjalankan gaya hidup halal mampu mendatangkan berkah dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kita terhadap sang maha pencipta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 9 =