Gaya hidup merupakan kebiasaan seseorang yang dilakukan setiap hari. Gaya hidup merepresntasikan bagaimana seseorang dalam menjalani kegiatan keseharian, dari  bekerja, berpakaian, bertingkah laku hingga membelanjakan uangnya. Sedangkan Halal memiliki arti yang luas yaitu diperbolehkan diartikan dalam hukum Islam dari Bahasa Arab. Jadi Halal Lifestyle adalah gaya hidup yang diperbolehkan dalam islam.

Halal lifestyle merupakan gaya hidup yang harus dijalankan oleh umat Islam, menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim.

Muslim pun memiliki gaya hidupnya yang sesuai dengan syariat Islam. Mulai dari kebiasaan dalam makanan dan minuman sampai uang yang mereka belanjakan. Tidak hanya makanan dan minuman , gaya hidup halal juga menyangkut produk kebiasaan harian lainnya. Mengacu peraturan pemerintah, pada Oktober 2019 sertifikasi halal wajib dilakukan. Seluruh produk yang beredar dipasar harus memegang sertifikat halal. Selama ini sertifikasi halal hanya dilakukan secara sukarela, sehingga hingga saat ini hanya ada 2% dari produk yang berada dipasaran. Pemerintah mewajibkan seluruh produk yang akan beredar dipasaran untuk memiliki sertifikat halal mulai Oktober 2019.

Baca Juga: Pola makan sehat dengan makanan halal

Produk halal tidak hanya diperuntukkan pada produk makanan dan minuman saja, tapi juga produk lainnya seperti pakaian, elektronik hingga pariwisata. Berkembangnya pasar halal menuntut semakin banyaknya kebiasaan-kebiasaan yang sudah mulai mengimplementasikan gaya hidup halal.

Pakaian halal lifestyle bahan baku harus menggunakan bahan baku yang diperbolehkan

Berpakaian merupakan sebuah kebutuhan utama manusia. Berpakaian merupakan salah satu bagian dari gaya hidup. Pakaian yang digunakan muslim sebagai bagian dari gaya hidup harus sesuai dengan syariat dan hukum Islam yang telah ditetapkan. Kehalalan sebuah produk fesyen adalah saat penggunaan bahan baku, bahan baku untuk sebuah pakaian yang dilarang adalah pakaian yang menggunakan kulit babi sebagai bahan bakunya. Hal ini pun berlaku  untuk produk fesyen lain yang juga menggunakan bahan dasar kulit seperi sepatu dan jaket.

Sertifikat halal juga mencakup produk elektronik

Dalam menentukan produk halal untuk produk teknologi, bahan baku serta proses dari pembuatan produk tersebut menjadi factor utama dalam penentuan apakah produk tersebut halal atau tidak. Meski tidak dikonsumsi, produk elektronik telah menjadi kebutuhan keseharian.

Produk elektronik Kulkas bermerek Sharp merupakan salah satu kulkas yang telah mengantongi sertifikat halal. Kulkas bersentuhan langsung dengan makanan, dengan hadirnya kulkas bersertifikat halal meyakinkan para umat muslim soal makanan yang disimpan didalam kulkas.

Halal lifestyle merupakan kebutuhan bagi umat muslim. Dengan semakin ketatnya regulasi yang mengatur sertifikasi halal menciptakan kemudahan bagi umat muslim dalam memilih barang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + 14 =