Halal Lifestyle-Setiap wanita dan pria di dunia pasti selalu ingin tampil dengan menawan setiap waktu. Penggunaan kosmetik bukan lah hal yang baru, saat ini banyak produsen kosmetik yang mampu meyakinkan bila produknya dapat membuat penampilan seseorang semakin menarik dan mampu meningkatkan kepercayaan diri.

Kosmetik dibuat berdasarkan bahan baku yang bermacam-macam, tidak hanya diolah dari bahan kimia tapi juga berasal dari hewani. Dalam Islam kita mengenal istilah halal, haram dan najis. Tiga faktor ini merupakan dasar seorang muslim untuk menggunakan ataupun mengkonsumsi sesuatu. Karena dibuat dari berbagai macam bahan, ada baiknya untuk mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam produk kosmetik.

Halal Lifestyle, memilih kosmetik dengan kandungan halal adalah wajib

Untuk mempermudah memilih produk kosmetik, ada baiknya untuk memilih produk-produk kosmetik yang telah memiliki label Halal. Produk kosmetik halal tidak hanya berasal dari produk yang dibuat dari negara muslim saja. Tapi juga berasal dari negara-negara yang tidak bermayoritaskan umat muslim pun mulai merambah pasar muslim. Seperti, Korea Selatan yang juga salah satu negara penghasil produk kosmetik berlabel halal.

Kosmetik yang telah memiliki label halal merupakan kosmetik yang pasti sudah aman untuk digunakan. Kandungan yang terdapat dalam kosmetik tersebut adalah bahan yang sudah pasti diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh umat muslim. Label halal melindungi umat muslim dalam memudahkan memilih sesuatu untuk dikonsumsi.

Kandungan kosmetik tidak mengandung hewan haram berdasarkan ajaran agama

Agama telah mengajarkan untuk tidak mengkonsumsi hewan-hewan yang dilarang seperti babi dan anjing. Produk kosmetik kerap menggunakan bahan-bahan hewani yang jelas dilarang penggunaannya dalam agama. Kandungan bahan yang umum digunakan dalam kosmetik adalah kolagen yang banyak berasal dari hewan babi ataupun minyak babi hingga plasenta manusia yang jelas haram.

Baca juga:Bahan Dasar Gelatin Halal, berikut Empat Varian Bahan Dasarnya

Meski pun kosmetik bukan sesuatu yang dikonsumsi masuk ke dalam tubuh, namun tetap saja Islam melarang penggunaan bahan baku haram dalam hal apapun termasuk kosmetik. Menelisik kandungan dari kosmetik yang berbahan baku haram menjadi sebuah keharusan seorang muslim saat ingin membeli sebuah produk kosmetik.

Alkohol, kandungan kosmetik yang juga dilarang penggunaannya

Selain pelarangan penggunaan bahan baku yang berasal dari hewan, pelarangan juga berlaku untuk bahan baku alkohol. Alkohol yang dimaksud adalah alkohol yang membuat penggunanya menjadi mabuk dan juga tidak menghasilkan mudharat.

Bahan baku seperti alkohol yang berjenis bir dan wine adalah jelas dilarang. Selain wine dan beer, juga dilarang ethanol, ethylalcohol, dan alcohol dalam penggunaan bahan baku untuk kosmetik. Namun, alangkah lebih baiknya untuk memilih produk-produk kosmetik yang sudah berlabel free alkohol.

Baca juga: Kosmetik Halal Menjadi Jawara di Pasar Kosmetik

Dalam menerapkan halal lifestyle pemilihan produk kosmetik berlabel halal sangatlah penting. Untuk tetap menggunakan produk halal keseharian label halal menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk tidak menggunakan sesuatu yang dilarang dalam agama dan memudahkan dalam memilih produk yang sering digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − two =