Potensi berkembangnya pariwisata di Indonesia semakin membesar, geliat traveling semakin meningkat. Meski sempat diterpa masalah naiknya harga tiket pesawat terbang tidak menghentikan keinginan untuk berkelana mengunjungi suatu daerah.

Kebutuhan akomodasi saat traveling merupakan salah satu faktor penting. Baik business traveler atau vacation traveler komponen terpenting adalah akomodasi yang menunjang adalah hotel. Kini sudah tersedia mulai dari budget hotel sampai hotel bintang lima yang dapat dipilih sebagai akomodasi saat traveling.

Meningkatnya para pejalan membuat kesempatan persaingan antar hotel semakin tinggi. Sebagai negara yang memiliki mayoritas umat muslim, tersedianya akomodasi yang ramah akan umat muslim akan menjadi nilai lebih bagi umat muslim.

Hotel Syariah, penginapan bertema Islami yang menjadi opsi pejalan saat berkelana

Meski belum terlalu familiar, hotel Syariah adalah penginapan yang menawarkan segala keramahan bagi umat muslim. Meski sedikit terkesan sangat segmentasi nyatanya penginapan Islami ini telah menjadi salah satu pilihan para pejalan saat libur tiba.

Hotel-hotel yang memposisikan diri mereka sebagai hotel Syariah menawarkan kesempatan pengalaman yang berbeda dibandingkan hotel-hotel pada umumnya yang berada di Indonesia. Hotel Syariah menerapkan kaidah-kaidah Islami yang dipegang kuat oleh agama dan diterapkan dalam kehidupan keseharian.

Menginap dengan lawan jenis, tunjukkan buku nikah.

Hotel Syariah menerapkan kaidah agama yaitu pelarangan sekamar antara lawan jenis yang bukan muhrim. Jika memilih penginapan bernuansa Islami ini pastikan sekamar dengan sesama jenis, karena bila datang dengan lawan jenis pihak hotel akan meminta anda untuk menunjukkan kartu nikah. Jika anda tidak dapat menunjukkan bila anda muhrim maka pihak hotel akan melarang anda untuk berada dalam kamar yang sama.

Fasilitas tidak selengkap di hotel konvensional

Dengan mengikuti kaidah-kaidah dalam agama Islam, pembatasan hal yang dilarang dalam agama pun diterapkan. Misal, dalam hotel Syariah tidak tersedia karaoke, club atau bar yang dianggap lebih mendatangkan keburukan. Seperti kemungkinan dijualnya produk-produk haram seperti alkohol. Apabila tersedia kolam renang, kolam renang pun dipisahkan antara pria dan wanita.

Baca juga: Wisata Halal Ramah Muslim Di Dunia

Makanan yang disediakan sudah bersertifikat halal

Salah satu syariat dalam agama Islam yaitu sudah bersertifikatnya makanan yang disediakan. Makanan dengan sertifikat halal menjadi salah satu syarat hotel Syariah. Makanan halal disajikan untuk memastikan para tamu mendapat pelayanan makanan yang sesuai dengan kebutuhan asupan umat muslim.

Beribadah dengan nyaman

Tidak perlu takut akan kelengkapan beribadah di hotel Syariah. Dalam hotel sudah menjadi keharusan menyediakan kebutuhan beribadah. Alat pendukung shalat seperti sarung, mukena, sajadah, arah kiblat hingga AL-Quran sudah wajib disediakan di setiap kamar.

Perbedaan interior

Jika pada hotel pada umumnya, tampilan interior dapat bertemakan klasik, elegan, atau modern sudah pasti dijadikan referensi bagi tampilan kamar hotel. Berbeda dengan tampilan kamar hotel konvensional, hotel Syariah mengusung tema Islami dalam setiap tampilan kamarnya seperti potongan ayat Al-Quran yang menghiasi dinding kamar.

Hadirnya hotel Syariah dalam konsep bisnis penginapan ini menjadi opsi bagi para pejalan yang ingin tetap fokus dalam beribadah saat perjalanannya. Tidak hanya menawarkan hotel bernuansa Islami, hotel bernuansa Islami ini pun menawarkan gaya hidup halal sesuai dengan kaidah agama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × one =