Ibadah saat Ramadhan saat ini akan berbeda dengan sebelumnya. Masa pandemi merubah kegiatan berjamaah yang biasa dilakukan selama bulan Ramadhan. Pelarangan pelaksanaan ibadah berjamaah di Masjid dan Musholla selama bulan suci sedikit akan merubah kebiasaan umat muslim menjalani bulan Ramadhan.

Namun, suka cita bulan Ramadhan selama masa pandemi tidak sebaiknya mengurangi ibadah, dimana setiap melakukan kebaikan akan Allah SWT lipat-gandakan pahalanya. Sebagai seorang muslim, bulan suci menjadi waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah-ibadah yang kerap terlewati diluar saat Ramadhan.

Meskipun ibadah berjamaah selama masa pandemi ini dibatasi, namun melaksanakan ibadah tetap wajib dijalankan.

Pemerintah melakukan himbauan terhadap seluruh masyarakat untuk sementara waktu tidak melakukan ibadah dari tempat ibadah. Dengan tujuan menghentikan penyebaran COVID-19 yang tengah meluas, pemerintah menghimbau untuk tidak menciptakan keramaian dalam satu tempat. Himbauan ini mendasari para pengurus masjid di Indonesia sementara waktu untuk menutup masjid dan menghentikan sholat berjamaah.

Saat ini pemerintah menghimbau semua masyarakat untuk melaksanakan ibadah dari rumah. Termasuk selama bulan suci Ramadhan ini, semua kegiatan ibadah diharapkan cukup dilaksanakan dari rumah tanpa harus berjamaah di masjid.

Ibadah saat Ramadhan, melakukan ibadah bersama keluarga dari rumah

Meskipun pelarangan ibadah berjamaah dimasjid, kini saatnya melaksakan segala ibadah dari rumah. Tidak hanya menjalanakan ibadah sholat, tapi juga melaksanakan ibadah lainnya seperti dzikir, berdoa dan membaca Al-Quran cukup dari rumah.

Melaksanakan ibadah bersama keluarga dari rumah pun dapat dilakukan berjamaah bersama keluarga. Merekatkan diri bersama keluarga di bulan suci Ramadhan, menjadikan momen Ramadhan yang mungkin saja dilewatkan pada Ramadhan sebelumnya di saat masih disibukkan dengan kegiatan bekerja yang mungkin tidak bisa ditinggalkan.

Berbagi makanan untuk berbuka

Berbuka puasa bersama akan sulit dilaksanakan. Pelarangan berkumpul dan membuat keramaian akan ditiadakan selama masa pandemi ini. Meskipun begitu, kita masih bisa berbuat kebaikan bagi orang sekitar. Khususunya mereka yang terdampak atas wabah COVID-19 ini. Berbagi sedikit dari rejeki yang kita miliki bersama mereka akan menambah pahala kita dibulan Ramadhan.

Kegiatan berbagi menu takjil berbuka yang kerap dilakukan dijalan bisa dirubah dengan cara membagikan langsung kepada mereka yang membutuhkan dengan mendatanginya satu per satu. Cara ini akan lebih efektif dibanding mendatangkan keramaian disatu tempat.

Tidak lupa membayar zakat

Bagi yang masih mendapat penghasilan, membaya zakat adalah wajib. Membayar zakat yang dilakukan di masa Ramadhan akan melengkapi ibadah puasa. Zakat yang dikumpulkan akan turut membantu kaum mustahik dan juga mereka yang terkena dampak atas COVID-19.

Kegiatan ibadah selama bulan suci Ramadhan selama masa pandemi harus tetap dilaksanakan. Meski harus segalanya dilakukan dari rumah, namun tidak seharusnya mengurangi ibadah demi menambah pahala.

Baca juga:

Bulan Suci Ramadhan, Yuk Persiapkan 4 Hal Ini

Bulan Suci Ramadhan dan Kegiatan Yang Dikurangi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty + 19 =