Ibadah secara online, kegiatan hanya dilakukan dari rumah saja. Masa pandemi membuat kita harus menjalani ibadah puasa sepenuhnya dari rumah. Hanya sesekali kita diperbolehkan untuk bepergian keluar rumah jika benar-benar mendesak. Pemberlakuan PSBB atau karantina wilayah ini memberi batasan kita untuk melaksanakan ibadah dari keramaian atau luar rumah.

Meski terasa berbeda, namun seharusnya kita tetap menjalani semua kegiatan dari rumah selama Ramadhan dengan suka cita. Ibadah harus tetap berjalan selama Ramadhan ini, segala kebaikan dan ibadah yang dilaksanakan dari rumah tetap mendapatkan pahala.

Melaksanakan ibadah secara online dari rumah

Pemerintah telah menghimbau bulan Ramadhan ini untuk melaksanakan ibadah sepenuhnya dari rumah. Tempat beribadah sudah banyak yang mengikuti himbaun pemerintah dengan tidak membuka pintunya sementara waktu untuk beribadah secara berjamaah. Dari sholat wajib hingga sholat sunnah dibulan suci seperti tarawih serta kegiataan keagamaan lainnya.

Dengan ditutupnya tempat beribadah sementara waktu, kegiatan seperti sholat, iftar dan kajian pun turut dihentikan sementara waktu. Namun selalu ada cara yang dapat menggantikan kegiatan yang biasanya harus dilakukan di masjid atau musholla kini bisa dilakukan dari dalam rumah.

Membaca Al-Quran melalui aplikasi

Bulan suci Ramadhan selalu memberi nilai lebih bagi umat islam. Allah SWT memberi ganjaran pahala yang lebih besar kepada umatnya yang melaksanakan ibadah-ibadah seperti membaca Al-Quran dibanding bulan-bulan lainnya.

Saat ini kemudahan Al-Quran pun nyatanya sudah ada di genggaman kita. Bila kita tidak memiliki Al-Quran fisik kini sudah terdapat aplikasi Al-Quran yang dapat diunduh dari layanan smartphone. Kemudahan ini membuat anda bisa kapan saja membaca dan memahami isi Al-Quran dari mana saja.

Membayar zakat melalui aplikasi

Salah satu keutamaan dalam bulan suci Ramadhan ialah membayar zakat. Bila pada bulan suci Ramadhan sebelumnya membayar zakat dapat menyalurkan melalui masjid-masjid terdekat namun kini saat masa dirumah aja, dapat menggunakan aplikasi pembayaran zakat.

Tanpa perlu keluar rumah dan melakukan kontak dengan orang lain, membayar zakat cukup melalui penerima zakat secara daring dan akan dibagikan kepada mustahik yang berhak mendapatkannya.

Mendengarkan kajian melalui situs pemutar video

Mendengar tausiah dari penceramah merupakan kebiasaan umat Islam, tidak saja dibulan suci Ramadhan tapi juga dibulan lainnya. Saat ini pelarangan berkumpul di tempat ibadah membuat masjid-masjid tidak melaksanakan kajian-kajian selama bulan Ramadhan.

Memanfaatkan teknologi situs pemutar video dapat menjadi solusi kerinduan anda terhadap ilmu-ilmu agama. Beberapa penceramah kondang telah memiliki akun pribadi yang berisikan ilmu-ilmu agama yang mereka rekam dan bagikan. Cukup menyaksikan dari rumah dan penuhi ilmu agama melalui siaran video.

Masa pandemi bukan menjadi alasan untuk tidak melaksanakan ibadah. Ibadah harus tetap berjalan meski dari dalam rumah saja, dengan tetap melaksanakan ibadah maka pahala selama bulan suci Ramadhan pun akan tetap berjalan dan keberkahan selama Ramadhan pun akan kita raih.

Baca juga:

Ibadah Saat Ramadhan, Perbanyak Ibadah Dari Rumah

Menu Berbuka Puasa, Sunnah Nabi Juga Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 2 =