Iftar online, berbuka puasa secara online selama masa pandemi. Bulan suci Ramadhan tahun ini harus dilewati selama masa pandemi global COVID-19. Semua negara saat ini sedang menerapkan physical distancing ataupun sosial distancing. Himbauan ini dilakukan demi menghentikan penularan COVID-19 yang tengah merebak.

Salah satu penerapan physical distancing adalah adanya pelarangan untuk berkumpul secara ramai, ataupun dilarang untuk berada disatu tempat dengan banyak orang. Kegiatan berkumpul yang biasa dilakukan selama bulan Ramadhan seperti ibadah dimasjid dan berbuka bersama otomatis saat ini tengah dilarang pelaksanaannya.

Mengajak teman-teman untuk melakukan iftar online bisa jadi solusi untuk tetap bisa menjalin silaturahmi saat berada dirumah.

Berbuka puasa bersama merupakan salah satu kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan selama bulan suci Ramadhan. Berkumpul bersama menjadi ajang silaturahmi dan juga melepas rindu sesama kawan yang lama tidak bertemu.

Masa pandemi seperti saat ini membuat kita tidak dapat melaksanakan buka bersama diluar rumah. Peraturan untuk tidak memperbolehkan konsumen makan ditempat menjadi himbauan yang perlu dipatuhi oleh semua orang. Semakin kita mematuhi anjuran dari pemerintah, kita harap semakin menghentikan juga penyebaran COVID-19.

Memanfaatkan teknologi video conference saat iftar online

memanfaatkan aplikasi video conference kini semakin umum digunakan. Selama masa work from home alias WFH hampir Sebagian besar para pekerja kini mulai bekerja dari rumah. Selama bekerja para pekerja memanfaatkan aplikasi video conference untuk melaksanakan pertemuan dengan rekan kerja lainnya.

Saat ini penggunaan teknologi video conference tidak hanya digunakan untuk pertemuan saat bekerja saja, tapi juga digunakan untuk kegiatan lain seperti seminar, olahraga bersama dan iftar online. Mengumpulkan teman-teman untuk melakukan buka bersama secara online menggunakan media video conference adalah Langkah yang bisa dilakukan demi tetap melanjutkan silaturahmi.

Siapkan hidangan berbuka sesuai kesukaan

Karena melaksanakan iftar dirumah masing-masing jadi setiap orang dapat memilih dan menyediakan makanannya masing-masing. Makanan dapat dipilih sesuai kesukaan setiap orangnya. Meskipun makanan yang hidangkan berbeda-beda namun disantapnya secara bersamaan sambil melakukan video conference.

Memulai video conference sebelum waktu berbuka

Memulai iftar online seperti hal nya berbuka puasa bersama. Dimulai dari 30 menit ataupun 1 jam sebelum waktu berbuka. Selama menunggu waktu berbuka dapat dihabiskan dengan berbincang-bincang ataupun bercerita mengenai hal-hal tertentu.

Pandemi korona bukan alasan untuk tidak terhubung dengan sahabat. Memanfaatkan bermacam teknologi yang ada dapat membuat setiap individu terhubung dan juga bersilaturahmi secara daring meskipun tanpa bisa berjabat tangan.

Baca juga:

Bulan Suci Ramadhan dan Kegiatan Yang Dikurangi

Sahur Sebelum Berpuasa, Puasa Penuh Energi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + four =