Sumber : Kementerian Pariwisata RI

Indonesia Menjadi Tujuan Wisata Halal. Kementerian Pariwisata merilis berita keberhasilan Indonesia meraih peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal dunia setelah lima tahun fokus pada pengembangan pariwisata halal. Kemenangan ini berdasarkan versi GMTI (Global Muslim Travel Index) 2019 yang diumumkan oleh CEO Crescent Rating Fazal Bahardeen. 

Indonesia ditetapkan sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik dunia 2019 standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia. Setelah lima tahun melakukan berbagai upaya, akhirnya Indonesia terpilih menjadi destinasi wisata halal terbaik dunia tahun ini.

Indonesia Menjadi Tujuan Wisata Halal. Upaya Indonesia untuk mencapai posisi terbaik dilakukan secara serius di antaranya dengan membuat Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) yang mengacu pada standar GMTI. Laporan GMTI menganalisis berdasarkan 4 kriteria penilaian strategis, yaitu Akses, Komunikasi, Lingkungan, dan Layanan.  

Baca juga: restoran halal di korea

Tercatat 10 besar negara destinasi wisata halal terbaik dunia versi GMTI 2019 sebagai berikut:
1. Indonesia : 78
2. Malaysia : 78
3. Turki : 75
4. Arab Saudi : 72
5. Uni Emirat Arab : 71
6. Qatar : 68
7. Maroko : 67
8. Bahrain : 66
9. Oman : 66
10. Brunei Darussalam : 65

Indonesia Menjadi Tujuan Wisata Halal Bisa Menjadi Ikon Halal Dunia

Sumber : www.kemenpar.go.id

Pengembangan 10 Destinasi Halal Prioritas Nasional di tahun 2018 yang mengacu standar GMTI, antara lain: Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur (Malang Raya), Lombok, dan Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya). 

Tahun 2019 ini, penguatan destinasi pariwisata halal dilakukan dengan menambah keikutsertaan 6 Kabupaten dan Kota yang terdapat di dalam wilayah 10 Destinasi Halal Prioritas Nasional, yaitu Kota Tanjung Pinang, Kota Pekanbaru, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cianjur.

Data GMTI 2019 menunjukkan bahwa hingga tahun 2030, jumlah wisatawan muslim (wislim) diproyeksikan akan menembus angka 230 juta di seluruh dunia. Dengan adanya pencapaian ini diharapkan Indonesia bias menjadi Ikon Halal Dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × one =