Kampanye produk halal mendorong pertumbuhan produk halal di Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negara muslim terbesar di dunia. Lebih dari 80% masyarakat Indonesia memeluk agama Islam sebagai keyakinannya. Indonesia terdiri dari ribuan suku dan ras yang berbeda di setiap pulaunya yang membuat Indonesia memiliki keberagaman dalam hal budaya. Perbedaan Budaya dalam setiap daerah pun memiliki keunikannya sendiri begitupun dalam acara-acara besar keagamaan yang membuat keberagaman pun terjadi dalam agama meski dalam satu agama yang sama.

Besarnya populasi umat Islam di Indonesia mendorong hadirnya Lembaga yang mengatur segala hajat umat Islam, salah satunya adalah Majelis Ulama Indonesia atau MUI. MUI memiliki tugas sebagai Lembaga non pemerintahan yang memiliki hak mengeluarkan sertifikat halal dan fatwa-fatwa yang dibutuhkan. Meski saat ini pengawasan mengenai penerbitan sertifikat halal sudah beralih ke BPJPH namun pengalaman serta peran MUI tetap dibutuhkan sebagai pemberi fatwa akan kehalalan suatu produk.

Produk halal umumnya yang dikenal masyarat luas memiliki definisi sebagai segala suatu produk yang boleh dikonsumsi berdasarkan agama. Produk halal meliputi segala produk yang kita gunakan dalam keseharian, seperti makanan & minuman, kosmetik, obat-obatan hingga keuangan. Produk halal nyatanya diklaim tidak hanya untuk produk konsumsi saja, tapi juga kini produk seperti elektronik pun mengklaim jika produknya telah lulus uji kehalalan serta mendapat sertifikat halal.

Memilih produk halal untuk keseharian

Untuk mendapat produk halal di Indonesia sangatlah mudah, dengan mayoritas umat muslim yang besar sudah pasti tidak lah sulit mendapatkan produk halal di Indonesia. Segala ketersediaan produk di Indonesia bisa dikatakan telah halal meski tidak mengantongi sertifikat halal.

Tren gaya hidup halal di Indonesia bukanlah hal yang kerap di usung oleh para umat muslim Indonesia, meski mereka pasti memilih produk halal dalam hal makanan namun hal lain belum tentu mereka aplikasiakan. Misal, penggunaan Lembaga keuangan Syariah yang belum terlalu menjadi pilihan utama. Kurangnya perkenalan serta sosialisasi akan perbankan Syariah menjadi kendala belum berkembangnya produk-produk perbankan Syariah.

Mengkampanyekan gaya hidup halal kini merupakan salah satu yang kerap dilakukan beberapa pihak termasuk pemerintah. Tidak hanya dari pemerintah namun kini banyak juga produk-produk yang telah mendapat label halal turut mengkampanyekan gaya hidup halal dalam keseharian. Meski terkesan hanya untuk bisnis semata namun mengkampanyekan produk halal mampu menumbuhkan pemahaman akan pentingnya produk halal dalam keseharian.

Mengkampanyekan langsung ke para produsen

Kampanye tidak hanya menggunakan saluran social media saja, namun banyaknya event-event bertemakan halal semakin banyak digelar. Mulai dari workshop yang dilaksanakan sampai pertunjukkan akan produk-produk halal. Selain itu mulai tersebarnya gerai-gerai berisikan produk bersertifikat halal pun kian menjamur di kota-kota besar.

Baca juga: Halal Lifestyle, Gaya Hidup Kekinian Umat Islam

Tidak hanya memfasilitasi dari sisi konsumennya saja, tapi juga sisi produsen patut dipenuhi juga dengan menjalanakan kesadaran akan produsen mengenai produk halal. Sektor UMKM tidak luput dalam sosialiasasi mengenai produk halal. Target pemerintah pada tahun 2024 semua produk yang ada dipasaran khususnya makanan telah memiliki sertifikat halal. Saat ini mulai gencar diperkenalkan serta difasilitasi bagi para UMKM dan juga binaan pesantren yang memiliki usaha untuk mendapatkan sertifikat halal.

Kampanye produk halal ini tidak hanya terpusat bagi para produsen pembuat produk jadinya saja, tapi juga segala rantai pasokan yang meliputi proses produk tersebut. Segalanya harus terjaga dan tidak boleh sedikitpun melalui proses yang dilarang dalam kaidah agama.

Kampanye harus dilakukan seimbang, baik konsumen dan produsen harus mendapat pengertian yang sesuai tentang produk halal. Saat kampanye berjalan dengan baik maka konsumen akan mulai mensesuaikan kebutuhannya dengan produk halal dan produsen akan menciptakan produk halal yang sesuai dengan kebutuhan umat Islam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen + three =