Produk halal tidak hanya untuk makanan, ada Kategori lain dalam produk halal. Istilah kata halal merupakan istilah kata yang sangat familiar dikalangan masyarakat. Istilah halal tidak hanya bagi umat muslim saja tapi bagi pemeluk agama lainnya juga. Istilah kata halal mereprsentasikan bahwa sesuatu layak dikonsumsi atau tidak. Istilah kata halal paling sering dikaitkan dalam kategori makanan dan minuman.

Makanan dan minuman halal merupakan kategori makanan yang layak dimakan oleh
umat muslim dan disebut halal karena mengandung bahan baku yang diperbolehkan dikonsumsi dalam agama Islam.

Istilah makanan halal adalah makanan yang tidak mengandung daging atau bahan mentah yang dilarang oleh agama. Serta juga tidak menggunakan alcohol saat memasaknya. Untuk kategori minuman halal harus dipastikan bahwa minuman tersebut tidak mengandung alcohol yang bisa memabukkan. Namun kini label halal tidak hanya diperuntukkan bagi industri makanan saja. Melihat industri halal di negeri tetangga kita Malaysia mereka sudah mulai memberikan label halal untuk semua produk yang dijual dipasaran.

Tidak hanya makanan dan minuman Kategori lain dalam produk halal.

Produk halal sebenarnya tidak hanya mengenai industri makanan dan minuman saja. Kategori lain dalam produk halal seperti, alat kecantikan, pakaian, pariwisata hingga produk elektronik. Selain karena pemakaian sertifikasi halal sedang trendi dikalangan masyarat factor bahan baku dan proses yang dilalui dalam pembutan produk-produk tersebut menjadi acuan apakah produk tersebut mengandung bahan yang dilarang oleh agama atau tidak. Selama bahan baku yang
digunakan dihasilkan dari produk hewani, dapat dikategorikan produk tersebut halal atau tidak.

Sebuah produk elektronik dengan bahan baku atau komponen yang digunakan mengandung unsur hewani, harus dilihat apakah unsur hewani tersebut termasuk dilarang atau tidak penggunaannya di dalam agama Islam. Jika sebuah komponen dalam produk tersebut mengandung unsur hewani yang dilarang dalam agama maka jelas produk tersebut tidak dalam label halal. Sama hal nya dengan produk lainnya, jika bahan baku yang digunakan mengandung unsur hewani yang tidak dianjurkan dalam agama maka produk tersebut dapat dikategorikan haram. Ada juga faktor mendapatkan bahan bakunya, apakah di dapat dengan cara yang baik atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 2 =