Kebersihan diri merupakan salah satu cara menghentikan penularan virus Covid-19 saat ini semakin membahayakan. Peningkatan korban dari pandemi ini terus meningkat. Hampir seluruh dunia sedang berjuang melawan virus yang berasal dari kelelawar ini, tidak hanya tim medis saja yang berada terdepan dalam memberi perawatan kepada korban, tapi juga kita yang tengah melawan dengan cara mengerjakan semua hal dari rumah serta mengurangi segala kegiatan diluar rumah.

COVID-19 yang ganas juga cepat dalam penyebaran bukan berarti tidak dapat dikalahkan. Virus ini dapat diakalahkan dengan tidak banyak melakukan interaksi dengan banyak orang dan juga selalu waspada akan sekitar. Demi mengurangi dan memutus rantai penyebaran virus, pemerintah menetapkan untuk mengurangi segala kegiatan yang harus dilakukan dari luar rumah. Kegiatan harian seperti bekerja sampai liburan harus dihentikan sementara waktu.

Selain tetap menjaga kesehatan dengan asupan gizi dan vitamin yang memadai, menjaga kebersihan merupakan salah satu anjuran menghadapi pandemi ini. Maka dari itu, semua dokter menyarankan masyarakat untuk kerap membersihkan tangan juga membersihkan diri sehabis berpergian.

Menjaga kebersihan diri merupakan salah satu cara dalam mengurangi resiko tertular

Bagi umat Islam, kebersihan merupakan bagian dari iman. Kebersihan merupakan salah satu nilai yang tidak hanya harus dilakukan tapi juga menjadi kebiasaan bagi umat Islam. Dengan kebersihan, banyak pembuktian bahwa hidup akan menjadi lebih sehat dan jauh daru segala penyakit.

Salah satu cara penanggulangan COVID-19 adalah dengan kerap melakukan kebersihan terhadap diri sendiri. Seperti mencuci tangan menggunakan sabun, membersihkan badan setelah bepergian dari luar dan juga menutup mulut ketika sedang bersin ataupun flu. Kebersihan kini menjadi hal yang penting selama merebaknya COVID-19 ini. Bagi yang sudah menerapkan hidup dalam kebersihan harus ditingkatkan demi meminimalisir resiko-resiko dapat terjangkitnya kuman atau virus yang hinggap dibadan sehinggap tidak dapat masuk ke dalam tubuh atau menularkan ke orang lain.

Kebersihan menjadi salah satu sistem kesehatan yang baik

Salah satu negara yang terdampak COVID-19 yaitu Jerman merupakan negara yang memiliki rasio kematian penderita dari virus ini kecil. Salah satu faktor yang membuatnya memiliki angka kematian yang kecil dari wabah ini adalah faktor kesiapan sistem kesehatan dan kebiasaan masyarakat dalam hidup bersih.

Jerman memiliki sistem kesehatan yang baik. Tidak hanya modernisasi peralatan kedokterannya saja, tapi sistem kesehatan yang baik juga memberi keuntungan bagi Jerman. Setidaknya Jerman memiliki tempat tidur, ventilator, ruang ICU dan dokter yang lebih banyak dibanding negara lain di Eropa.

Sistem kesehatan ini menjadi keunggulan Jerman dalam memberi kesembuhan bagi para penderita COVID-19. Selain faktor rata-rata usia para pengidap yang lebih muda, faktor kesiapan fasilitas kesehatan di Jerman sangat memadai sehingga bisa membuat para pasien memiliki kesempatan sembuh lebih tinggi dibanding negara lainnya.

Baca juga

Bulan Suci Ramadhan Di Kala Pandemi

Adzan Berkumandang Di Eropa Demi Solidaritas Melawan Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen − nine =