Langkah antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 harus digalakkan untuk menghentikan penyebaran . Pusat dari penyebaran virus ini adalah ibukota, Jakarta. Penularan virus yang kian massif ini menjadi Langkah himbauan pemerintah untuk melakukan jaga jarak antar manusia menjadi hal yang harus diperhatikan. Himbauan menjaga jarak tidak hanya disarankan oleh pemerintah Indonesia saja, tapi juga berdasarkan anjuran WHO yang meminta seluruh negara untuk menerapkan hal yang sama bagi seluruh masyarakatnya. Karena epidemi ini telah ditetapkan sebagai epidemi dunia.

Konsep menghentikan penularan dengan tidak melakukan kontak fisik dengan banyak orang

Virus Corona tidak menular melalui udara atau airbone melainkan melalui sentuhan fisik ataupun virus yang keluar dari batuk atau bersin orang yang mengidapnya. Mengurangi pertemuan dengan banyak orang menjadi hal utama yang harus dilakukan demi meminimalisir kemungkinan tertular COVID-19. Serta, menjaga jarak saat berbincang menjadi prosedur yang harus dilakukan saat bertemu dengan orang lain.

Lakukan kegiatan dirumah dan tidak keluar dari rumah bila tidak mendesak

Pemerintah telah menerapkan untuk berada dirumah saja. Mengurangi aktifitas fisik diluar rumah menjadi hal utama yang harus dilakukan demi menghentikan penularan. Dengan tetap berada dirumah, masyarakat dianggap akan menghentikan bahkan memutus rantai penyebaran virus Corona.

Namun, apabila terdesak anda masih diperbolehkan untuk keluar rumah. Seperti, berbelanja bahan makanan ataupun ada urusan mendesak yang benar-benar tidak bisa ditinggalkan saat itu.

Langkah antisipasi Penyebaran virus corona dengan berjemur dibawah sinar matahari

Para dokter percaya bahwa virus ini akan mati jika terkena panas dan paparan sinar matahari. Maka dari itu, para dokter dan relawan menganjurkan untuk berjemur dikala matahari bersinar. Beberapa sumber mengatakan bahwa berjemur baik dilakukan dari pukul 09.00 sampai 12.00 siang hari dalam waktu sekitar 5 sampai 15 menit.

Sumber vitamin D dari paparan sinar matahari membantu untuk kekuatan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh dan membunuh virus-virus yang ada. Salah satunya adalah virus yang kerap ada ditubuh manusia yaitu flu.

Selalu mencuci tangan sebelum menyentuh bagian mulut, hidung dan mata

Mencuci tangan merupakan salah satu Langkah antisipasi yang sangat dianjurkan. Tangan kerap digunakan untuk bersalaman dengan orang lain ataupun mengambil sesuatu. Untuk menghindari kemungkinan adanya virus COVID-19 di tangan kita, selalu membersihkan tangan sesudah menyentuh sesuatu dan tidak menempelkan tangan ke mulut, hidung atau mata sebelum mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Mulut, hidung dan tangan merupakan pintu masuk utama virus ke dalam tubuh kita. Maka, melindungi mata, mulut dan hidung sangatlah penting untuk menghindari tidak bisa masuknya virus tersebut ke tubuh kita.

Menjaga imunitas dengan makan makanan sehat dan berolahraga

Selama masa pandemi ini kita wajib menjaga kondisi tubuh agar tidak tertular. Memberi asupan yang cukup dan seimbang untuk tubuh kita akan membuat kondisi imun kita kuat. Kekebalan imunitas memberi virus Corona lawan yang kuat, apabila tubuh memiliki imun yang baik, maka tubuh akan memberi perlawanan terhadap virus Corona sehingga tubuh tidak akan mudah terjangkiti ataupun menjadi kondisi kritis karena virus tersebut.

Olahraga juga merupakan hal yang harus dilakukan untuk melawan penularan virus Corona. Dengan tubuh yang sehat dan bugar kesempatan virus untuk bertahan ditubuh akan berkurang dan tubuh memiliki kekebalan lebih untuk melawan virus.

Demi menghentikan penularan virus Covid-19 masyarakat diminta untuk menturuti semua anjuran dari pemerintah. Tetap mengurangi aktifitas diluar rumah sehingga resiko tertular semakin rendah dan tidak membuat sekitar anda pun harus diwaspadai. Mulai dari sendiri dan berbagi dengan yang lain untuk melawan virus Corona.

Baca juga:

Masa Pandemi Corona, Masa Bersama Keluarga

Kebersihan Diri, Identitas Muslim Melawan COVID-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one + 13 =