Lebaran semakin dekat, hari kemenangan segara tiba. Hari Idul Fitri tahun ini harus dijalani dalam masa pandemi. Larangan untuk tidak melakukan aktifitas tidak seperti tahun-tahun sebelumnya gencar di informasikan kepada masyarakat. Meski harus dalam kondisi seperti ini, namun keceriaan dan kebahagiaan menyambut hari kemenangan tetap harus terpancar dari diri.

Meskipun terdapat himbauan untuk tidak melakukan silaturahmi secara langsung, namun momen lebaran harus tetap membahagiakan bagi umat Islam khususnya. Tetap berada dirumah selama lebaran bukan halangan untuk tidak bersuka cita saat lebaran tiba. Berkumpul bersama keluarga inti akan menjadi kegiatan bersama yang akan tetap membahagiakan.

Kegiatan Lebaran dirumah aja semasa pandemi

Masa pandemi telah dihabiskan dirumah saja. Sudah hampir 3 bulan lamanya dihimbau untuk berkegiatan dirumah saja. Termasuk selama bulan suci Ramadhan yang sekiranya dihabiskan penuh dari rumah saja. Hingga pada akhirnya pemerintah menetapkan untuk tidak melakukan sholat Idul Fitri secara terbuka, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pemerintah menghimbau untuk melakukan sholat Idul Fitri dari rumah bersama keluarga. Dipimpin oleh kepala keluarga dirumah, sholat Idul Fitri dapat dilakukan bersama keluarga dari dalam rumah. Meskipun tidak bisa berjamaah secara besar, namun hari raya Idul Fitri adalah hari kemenangan yang harus disambut dengan suka cita apapun kondisinya.

Melaksanakan sholat ied bersama keluarga

Himbauan untuk tidak mengadakan sholat ied baik dilapangan atau dimasjid mengharuskan kita melaksakannya dari rumah. Melaksanakan sholat ied dari rumah memiliki hukum  Sunah Muakad yang dipercayai Sebagian ulama yang berarti pelaksanaannya sangat dianjurkan karena hanya dilaksanakan dalam satu tahun sekali. Melaksanakan sholat ied dirumah harus tetap mengikuti tata cara yang baik dan benar sesuai Syariah.

Menyantap menu lebaran seperti biasa

Satu hal yang tetap bisa dilakukan adalah menyantap menu lebaran seperti biasa. Menu andalan disetiap hari kemenangan yang diselalu disantap setelah sholat Idul Fitri. Hidangan seperti ketupat, opor ayam dan menu lainnya akan menjadi hidangan terbaik bersama keluarga untuk dihabiskan selama lebaran tahun ini.

Melakukan komunikasi bersama keluarga besar melalui video call

Kendala tidak dapat berkumpul bersama keluarga besar tidak harus menjadi pembatas yang mengkhawatirkan. Setiap keluarga masih dapat berkumpul secara virtual melalui panggilan telepon menggunakan kamera. Kehadiran teknologi video call menjadi penting dan sangat berguna saat ini disaat kendala berkumpul dalam banyak orang tidak diperkenankan.

Himbaun untuk tidak berkumpul dalam banyak orang pada masa pandemi menjadi alasan utama himbauan pelarangan mudik oleh pemerintah. Tidak membahayakan para keluarga dikampung halaman demi menjaga penyebaran virus Corona yang bisa saja menularkan kepada sanak-saudara dikampung halaman dan menghilangkan kebahagiaan di hari kemenangan.

Baca juga:

Idul Fitri Saat Pandemi, Silaturahmi Meski Berjarak

New Normal, Langkah Selanjutnya Seusai Pandemi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 2 =