Marketplace halal merupakan salah satu situs jual-beli yang menerapkan sistem syariah dalam berbelanja. Geliat berbelanja online meningkat seiring banyaknya pasar tradisional yang ditutup selama masa pandemi. Tidak hanya di Indonesia, seluruh dunia mendorong agar masyarakat untuk tidak banyak melakukan interaksi di tempat keramaian demi menghindari penularan Covid-19. 

Penularan Covid-19 yang begitu masif sangat meresahkan masyarakat yang dapat saja tertular saat berkegiatan diluar rumah. Meski saat ini penerapan new normal telah dijalankan, namun tetap saja ancaman penularan masih mungkin terjadi. Pemerintah tetap menganjurkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan demi mengurangi kemungkinan terjadinya penularan. 

Tidak berbeda jauh dengan marketplace pada umumnya, marketplace halal menyediakan segala kebutuhan harian masyarakat

Kebutuhan harian masyarakat tetap wajib dipenuhi di masa pandemi seperti ini. Kebutuhan paling dasar dari manusia sendiri yaitu makanan wajib tersedia dan juga kebutuhan seperti obat-obatan dan suplemen tubuh pun kian dicari pada masa seperti ini. 

Selain kebutuhan dasar seperti makanan, marketplace halal pun turut menyediakan barang-barang kebutuhan lainnya. Selama produk-produk tersebut tidak mengandung unsur haram di dalamnya, segala kebutuhan sekunder dan tersier masyarakat masih tersedia dalam situs marketplace halal. 

Marketplace halal menawarkan belanja dengan sistem yang sesuai ajaran Rasulullah

Berbelanja dalam situs jual-beli halal menerapkan sistem-sistem yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Sebagaimana kita tahu Nabi Muhammad dikenal sebagai seorang pedagang yang baik. Prilakunya dalam berdagang menjadi ilmu yang diturunkannya kepada kita mengajarkan cara-cara berdagang yang menjadikannya seorang pedagang yang dikenal jujur dan memiliki banyak pelanggan. 

Baca juga: Toko Halal Online, Ekosistem Berdagang Dalam Islam

Teknik berdagang yang dilakukan tercermin dari kejujurannya yang mendatangkan rejeki kepadanya. Marketplace halal pun menerapkan sistem dagang sesuai ajaran Rasulullah, seperti mendorong para penjual untuk bersikap jujur atas produk dagangannya, mau dikritik dan juga menyediakan sistem pembayaran non riba. Dengan penerapan sistem yang baik akan memberi berkah bagi kedua belah pihak yang melakukan transaksi. 

Memberi kemudahan untuk mendapat barang di masa pandemi

Keterbatasan dalam masa pandemi menjadi halangan masyarakat untuk berbelanja. Datang ke pasar ataupun pusat perbelanjaan di masa seperti ini harus berhati-hati. Apalagi harus melakukan kontak ke banyak orang merupakan hal yang perlu dihindari saat ini. Kemudahan melakukan akses ke situs-situs jual beli memudahkan pembeli untuk dapat memenuhi kebutuhan hariannya hanya melalu gawai yang dimiliki. Cukup sembari berkumpul bersama keluarga, setiap orang kini dapat berbelanja dari rumah. Pilihan produk yang beragam pun menjadi acuan masyarakat untuk berbelanja dari rumah.

baca juga: Marketplace Halal, Cara Mudah Belanja Produk Halal

Masa Pandemi seperti ini harus tetap berhati-hati. Menghindari kontak secara langsung secara bersamaan demi mengurangi resiko terjadinya penularan. Berbelanja melalui situs-situs jual beli turut juga membantu mereka yang berdagang dan mencari nafkah selama masa pandemi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 − 2 =