Marketplace halal dalam dunia online masa kini telah merambah ke segala sektor. Penggunaan teknologi yang semakin berkembang membuat hampir seluruh orang telah terhubung oleh internet. Kehadiran teknologi internet pun berdampak kepada kelangsungan bisnis. Bisnis pun semakin dimudahkan dengan hadirnya teknologi, teknologi kini menjadi sebuah asset penting dalam sebuah perusahaan.

Teknologi membawa sebuah usaha ke dalam sebuah kemajuan. Perusahaan yang menggunakan teknologi mendapat kesempatan berkembang lebih pesat dibanding yang tidak memanfaatkan teknologi baik dalam operasional bisnisnya maupun kegiatan umum bisnisnya.

Tidak hanya bagi perusahaan besar, teknologi pun memberi kesempatan bagi para UMKM yang ingin memasarkan produknya secara luas. Teknologi secara langsung memberi dampak atas pemasaran yang dilakukan sehingga saat ini dibutuhkan keahlian khusus para pemasar dalam melakukan pemasaran dalam dunia digital.

Marketplace halal sarana penjualan bagi UMKM berbasis produk halal

Pemerintah melalui BPJPH mencanangkan hingga tahun 2024 nanti 80% produk yang berada dipasaran wajib memiliki sertifikat halal. Produk UMKM pun tidak lepas dalam produk yang harus memiliki sertifikat halal.

Baca juga: Produk Halal Go Internasional, Kenapa Tidak?

UMKM kini memiliki kesempatan luas dalam melakukan penjualan. Pebisnis UMKM kini tidak lagi perlu membuka toko dan menjajakan produknya dan menunggu sampai datangnya pembeli, namun kini teknologi turut membantu UMKM dalam melakukan penjualan. Peran teknologi bagi UMKM kian beragam dari tampilan produk, pemasaran, hingga distribusi produk.

Pelaku UMKM pasti sudah pasti familiar dengan penggunaan marketplace dalam penjualan mereka. Saluran penjualan termudah yang hanya bermodal komputer dan internet dalam prosesnya tanpa memerlukan modal yang besar. Kegiatan penjualan melalui saluran tradisional kini makin berkurang seiring dengan semakin tingginya permintaan atas suatu produk melalui jaringan internet. Marketplace mampu memberikan nilai tambah serta dikenalnya produk UMKM menjadi semakin luas, dengan asumsi semakin tingginya pengguna internet di Indonesia dan semakin berkembangnya teknologi digital.

Beriklan dalam marketplace

Marketplace memiliki fitur yang beragam, salah satunya adalah fitur iklan. Fitur iklan dapat digunakan para penjual untuk memasarkan produknya dalam situs marketplace tersebut. Fitur iklan mampu mendorong semakin seringnya produk kita muncul dalam daftar pencarian konsumen. Semakin tingginya tampilan iklan produk semakin tinggi juga kesempatan produk kita dibeli oleh konsumen.

Berpromosi melalui sosial media

Saluran penjualan melalui marketplace pun tidak bisa dilepaskan dengan sosial media. Sosial media dapat digunakan sebagai penunjang penjualan melalui marketplace. Sosial media turut mendukung penjualan dengan berbagai promosi, seperti Facebook dan Instagram yang menyediakan fitur iklan yang umumnya dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi. Promosi yang dilakukan dapat bertujuan untuk perkenalan produk hingga pengakuan merek.

Hadirnya marketplace halal di Indonesia memberi keuntungan bagi konsumen dan juga produsen. Semakin berkembangnya industri halal di Indonesia ditambah sedang digenjotnya para UMKM untuk berkembang oleh pemerintah. Marketplace halal pun menjadi jawaban para UMKM berbasis halal dalam memasarkan produknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 3 =