Marketplace halal menambah situs belanja baru bagi konsumen. Kegiatan belanja online sudah menjadi kebiasaan konsumen Indonesia. Harga yang lebih murah dan dapat dilakukan dimana saja menjadi alasan mengapa geliat belanja online sangat tinggi. Marketplace tidak hanya menawarkan harga produk yang murah saja, tapi juga memberikan opsi pilihan produk yang sama dari produsen yang berbeda dengan harga yang kompetitif. Konsumen dapat memiliki banyak pilihan sebelum memutuskan membeli sebuah produk.

Kemudahan akses internet pun turut mendorong berkembangnya marketplace di Indonesia. Sebagian konsumen tengah menikmati mudahnya pencarian informasi melalui situs-situs yang ada di Internet. Terbukanya jaringan informasi internet yang luas menjadikan konsumen memiliki kesempatan memperoleh berita dan informasi terbaru dari segala informasi yang dibutuhkan.

Hadirnya marketplace di Indonesia sudah sangat umum, para penyedia marketplace hadir untuk menawarkan pengalaman berbenlanja yang berbeda dibanding toko-toko fisik yang ada. Secara mudah konsumen ditawarkan sebuah sistem yang dapat memenuhi kebutuhan keseharian secara online dan dikirimkan melalui jasa kurir.

Ecommerce halal vs ecommerce konvensional

Meski sama-sama memiliki konsep marketplace, namun marketplace halal jelas fokus menyediakan produk-produk yang sudah memiliki sertifikat, sedangkan ecommerce konvensional tidak mewajibkan para penjual yang bergabung memiliki sertifikat halal. Para penjual dengan tanpa sertifikat akan lebih sulit untuk bisa bergabung dalam marketplace halal.

Baca juga: Kategori Produk Dan Jasa Di Marketplace Halal Etokohalal

Fokus pada penjualan produk non haram, marketplace berbasis halal juga menggunakan sistem pembayaran yang juga sesuai agama. Seperti tidak mengandung riba dan menggunakan pembayaran Syariah sesuai dengan ketentuan dalam kaidah dalam agama.

Memenuhi kebutuhan mayoritas umat muslim

Dengan menyediakan produk-produk bersertifikat halal, marketplace berbasis halal mencoba memenuhi kebutuhan produk-produk halal kepada konsumen. Meskipun Indonesia telah sangat mudah mendapatkan produk halal dipasaran, namun variasi yang ada cukup terbatas. Contohnya seperti produk-produk UMKM yang memiliki batasan untuk dapat masuk ke pasar swalayan.

Markeplace halal merupakan cara terbaik bagi para pelaku UMKM bersertifkat halal untuk menawarkan produknya. Dengan sistem marketplace yang mampu menjangkau banyak daerah di Indonesia, produk UMKM halal mampu dilihat dan dibeli oleh seluruh umat Islam seantero Indonesia.

Sistem pembayaran Syariah

Marketplace halal bekerjasama dengan penyedia keuangan perbankan Syariah. Bekerjasama dengan perbankan Syariah demi menjaga cara pembayaran yang tidak keluar dari kaidah agama dan terhindar dari riba. Bagi konsumen, menjaga pembayaran dari riba pun turut membawa pembelian tetap dalam proses halal yang dianjurkan dalam agama Islam.

Memberi jawaban kebutuhan akan produk-produk yang telah bersertifikat halal, marketplace ini turut memberi persaingan yang nyata terhadap marketplace pada umumnya. Konsumen akan semakin terbagi dengan hadirnya marketplace syariah. Konsumen yang memiliki perhatian lebih dengan produk bersertifikat akan lebih memiliki marketplace dengan memudahkan kategorisasi produk.

Semakin menjanjikannya bisnis halal di dunia, semakin dibutuhkan juga kategori khusus dalam produk halal untuk memenuhi keinginan konsumen akan produk halal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 5 =