Mendengar kata halal pasti sudah tidak asing lagi khususnya bagi umat muslim. Halal merujuk kepada kaidah dalam agama Islam yang tertulis dalam kitab suci Al-Quran. Umat Islam mengenal kata halal yang memiliki definisi segala sesuatu yang diperbolehkan sesuai ajaran agama. Seperti makanan halal merupakan makanan yang dari hulu sampai ke hilirnya merupakan satuan proses yang tidak dilarang agama dan membuatnya sebagai makanan yang layak untuk dikonsumsi.

Mendapat produk bersertifikat halal tidaklah sulit, khususnya di Indonesia yang bermayoritas masyarakat beragama Islam ini produk halal telah menjadi komoditas yang sangat banyak beredar dipasaran. Kebutuhan akan produk halal di Indonesia membuat banyaknya para produsen produk makanan berlomba dalam menawarkan produk yang aman untuk dikonsumsi oleh umat Islam.  

Tantangan pemasaran komoditas halal di Indonesia

Pasar produk halal semakin bersaing ketat, mayoritas masyarakat memilih produk yang telah bersertifikat halal. Semakin tingginya persaingan antar produsen membuat mereka semakin meluaskan pemasarannya ke seluruh Indonesia bahkan hingga keluar negeri. Bagi para produsen besar distribusi penjualan retail diseluruh Indonesia bukanlah masalah besar karena permodalan serta jaringan luas yang mereka miliki.

Lalu bagaimana dengan UMKM berlabel halal? Kesulitan jaringan pemasaran dan distribusi produk justru menghampiri para pelaku UMKM. Dengan dana yang terbatas sangatlah sulit untuk bersaing dengan para produsen besar dipasar yang luas.

Marketplace halal solusi bagi UMKM

Marketplace kini hadir sebagai solusi bagi para UMKM. Saat ini telah banyak marketplace yang menjadi tempat belanja online para netizen. Namun, marketplace tersebut tidaklah spesifik dalam suatu keunikan. Mayoritas marketplace saat ini hanya melakukan verifikasi produk berdasarkan atas barang-barang legal yang diperbolehkan untuk diperjualbelikan tidak fokus dalam membedakan produk bersertifikat halal atau tidak.

Selain marketplace yang hanya fokus kepada seluruh penjualan kategori produk, terdapat juga Etokohalal.com yang melakukan filterisasi terhadap produk-produk yang telah berlabel halal. Etokohalal merupakan marketplace yang focus pada penjualan produk halal yang benar-benar telah memiliki label halal dari LPPOM-MUI. Bekerja sama dengan MUI kami siap menampilkan produk-produk yang telah teruji dan berlabel halal.

Hadirnya Etokohalal merupakan solusi bagi konsumen yang benar-benar mencari produk halal yang berbeda dan tidak ada dipasaran. Selain itu, kami pun mendorong para UMKM yang telah berlabel halal untuk menjajakan produknya dalam laman situs kami untuk bisa membesarkan jaringan jualannya.

Fokus pada penjualan produk berlabel halal

Berfokus pada produk halal tidak menutup kami untuk menjual produk dalam kategori lainnya. Kami mewajibkan para produsen pada kategori makanan & minuman, kosmetik, produk kesehatan, perlengkapan ibadah, dan pakaian untuk memiliki sertifikat halal. Namun kita tetap menerima para produsen yang menjual produk diluar kategori tersebut jika tidak memiliki label halal dan diperbolehkan untuk melakukan penjualan dan pemasaran.

Baca juga: Belanja di Marketplace Halal, Berikut 5 Alasannya

Penjualan produk halal melalui marketplace merupakan salah satu cara mudah mendapat produk halal yang berbeda. Menghadirkan produk halal dari UMKM, para konsumen akan mengenal serta mengetahui keberagaman produk halal yang ada di dalam industri UMKM kita. Selain itu juga meningkatkan pengetahuan akan UMKM yang ada di Indonesia.

Bertransaksi Syariah sesuai dengan kaidah agama

Bertransaksi tanpa riba. Kami melakukan operasional marketplace halal ini dengan cara-cara yang juga halal. Selain menawarkan produk halal, kami juga menggunakan pembayaran dengan metode Syariah. Kami telah bekerjasama dengan bank-bank Syariah untuk bekerjasamam membantu para konsumen untuk bertransaksi.

Hadirnya marketplace halal membuat para konsumen yang berbelanja tidak akan merasa ragu. Dengan sistem yang mampu melakukan validasi terhadap produk-produk halal yang benar dan terdaftar dalam sistem LPPOM-MUI berbelanja produk halal semakin mengasikkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + eight =