Masa pandemi Corona menjadikan anak-anak yang umumnya menghabiskan waktu disekolah kini menghabiskan waktu dirumah. Sekolah diliburkan dan para muridnya pun diminta untuk belajar dari rumah dengan bimbingan para orang tua. Tidak hanya sang anak yang harus belajar dari rumah, tapi juga orang tua yang harus bekerja dari rumah. Para pekerja kantoran saat ini banyak yang bekerja dari rumah demi memutus penyebaran rantai virus COVID-19 ini.

Kegiatan belajar dan mengajar yang diterapkan dirumah akan membuat sang anak harus tetap mengikuti pelajaran yang diberikan sekolah melalui pembelajaran online. Pelajaran tersebut bisa dilakukan melalui sambung video jarak jauh dengan sang anak dan melalui tugas-tugas yang juga dikumpulkan juga melalui media online.

Namun, berbeda dengan waktu sekolah waktu belajar selama belajar dirumah lebih singkat dibanding sekolah pada umumnya dan siswa akan mendapat waktu bersama keluarga lebih banyak dibanding sewaktu ia harus berangkat ke sekolah.

Rasulullah sangat menyayangi anak-anak

Dalam beberapa hadits di ceritakan bahwa Rasul sangat menyayangi anak kecil. Tidak hanya kepada anaknya saja, tapi juga anak dari para sahabat. Rasul senang sekali mengendong anak kecil dan mendudukinya di paha beliau. 

Bagi seorang muslim, anak adalah rezeki yang diberikan Allah SWT. Anak adalah titipan yang dipercayakan kepada manusia untuk dirawat dengan baik selayaknya ia merawat dirinya sendiri. Melalui anak pula rezeki orang tua ditambahkan.

Masa pandemi Corona, saatnya menghabiskan waktu bersama keluarga

Masa-masa work from home membuat kita untuk bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dirumah. Waktu-waktu seperti ini merupakan waktu yang tepat bagi para orang tua untuk memberikan pelajaran-pelajaran serta mendidik anak dari rumah.

Rasulullah adalah nabi yang sangat menyayangi anaknya. Semasa hidup Rasulullah kerap membawa anaknya dalam kegiatan-kegiatan majelis dan bersilaturahmi. Selain itu, Rasulullah pun kerap mengajak anak-anak bermain, mendoakannya dan juga mengajarinya tentang agama.

Mengajak anak melaksanakan ibadah bersama

Merebaknya COVID-19 ini membuat masjid menutup sementara kegiatan beribadah. Masjid saat ini hanya menjalankan tugasnya untuk mengumandangkan adzan tanpa ada yang bisa melakukan sholat berjamaah di masjid. Hal ini merupakan himbauan dari pemerintah untuk mengurangi para umat muslim yang kerap beribadah secara berjamaah di masjid untu menghindari berkumpulnya orang-orang yang bisa menjadikan virus menular ke orang lain.

Selama berada dirumah ajaklah anak-anak untuk melaksanakan ibadah berjamaah. Ajarilah mereka untuk bisa melakukan ibadah secara berjamaah yang dimana pahalanya lebih tinggi dari pada sholat sendiri-sendiri.

Sesungguhnya Work From Home membuat para orang tua memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga. Momen seperti ini harus dimanfaat sebaik mungkin bagi orang tua yang selama ini hanya dapat menghabiskan waktu bersama sang anak di akhir pekan. Mendidik anak dari rumah akan memberinya prilaku dan juga sikap yang tercermin saat ia berada di luar rumah.

Baca juga

Ibadah Meningkat Saat Work From Home

Pandemi Corona Dan Lingkungan Yang Membaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen + seven =