Teknologi internet mendorong Kreatifitas anak bangsa dalam menciptakan suatu produk. Pasalnya, banyaknya industri kreatif yang dibuka semakin membuka lapangan kerja baru serta mendorong lahirnya para pengusaha. Industri UMKM telah membuka kesempatan para pengusaha untuk menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Kini pemerintah telah mendorong produk UMKM untuk melakukan ekspor. Ekspor produk kini tidak hanya mengandalkan produk-produk bahan baku saja, namun juga Indonesia diharapkan mampu melakukan ekspor produk-produk jadi khususnya produk UMKM. Selama ini banyak bahan baku yang telah dikirim keluar negeri dan selalu diproduksi menjadi produk tertentu oleh negara lain. Ekspor produk UMKM membuat nama Indonesia tidak terdengar di mancanegara dan dunia pun tidak mengetahui produk yang dimiliki oleh Indonesia.

Membangun aset digital membantu pemasaran produk melalui teknologi internet

Melakukan ekspor bukan hanya dapat menjual produk ke mancanegara saja, tapi juga memanfaatkan teknologi dalam pengenalannya secara daring. Saat ini dunia pemasaran melalui internet semakin menggeliat, semua produk barang dan jasa dapat dikenalkan melalui jaringan internet. Selain melakukan penjualan, situs-situs internet pun membuka pasar yang lebih luas lagi bagi para pelaku usaha.

Membangun asset digital bagi usaha anda merupakan langkah terbaik dalam memulai menyebarkannya melalui internet. Aset digital turut membantu dalam kemudahan para konsumen yang tertarik akan produk anda untuk melihat lebih banyak tentang produk dan usaha yang anda jalanankan.

Membuat situs usaha

Salah satu cara membangun asset digital adalah membuat situs mengenai produk dan usaha. Situs ini memiliki fungsi sebagai display segala macam produk anda untuk dapat dilihat oleh semua calon konsumen dunia. Semakin menarik isi dari situs anda, akan semakin banyak juga konsumen yang datang ke dalam situs anda. Dalam situs dapat berisikan mengenai detail tentang produk, perusahaan sampai kontak yang dapat dihubungi.

Baca juga: Ekspor Produk UMKM Kreatif Buatan Anak Bangsa

Berjualan melalui Marketplace

Saat ini semakin banyak para pelaku usaha yang mendaftarkan produknya di marketplace. Marketplace membantu para pelaku usaha untuk mendapat konsumen yang lebih luas. Tidak hanya mendapat cakupan yang luas, marketplace juga membantu anda dalam berdagang. Mulai dari ketersediaan produk sampai proses transaksi pembayaran.

Hadirnya marketplace memberi dampak yang bermanfaat bagi para pelaku usaha. Banyak pelaku usaha yang kini focus pada penjualan melalui internet. Mereka yang melakukan penjualan melalui daring tidak lagi perlu untuk menggunakan toko untuk menampilkan produk mereka. Dengan begitu biaya yang mereka keluarkan untuk berdagang pun mengecil.

Salah satu yang dapat digunakan adalah marketplace Etokohalal. Situs marketplace berkonsep halal yang menjual segala kebutuhan konsumen yang telah bersertifikat halal MUI. Etokohalal memberi pengalaman berbelanja yang berbeda dengan menawarkan segala produk hingga sistem penjualan halal.

Narsis melalui social media

Sosial media adalah salah satu asset digital yang wajib dimiliki, dengan social media pelaku usaha dapat membangun komunikasi dengan konsumen. Selain dapat digunakan sebagai sarana komunikasi sosial media juga merupakan salah satu saluran untuk melakukan promosi, pengenalan produk baru hingga diskon-diskon tertentu.

Mengirim email

Salah satu yang sering digunakan adalah surat elektronik atau E-mail. E-mail kerap digunakan untuk menawarkan promo yang akan dijalanakan. Mengirim email kepada konsumen dapat pun mempererat hubungan dengan konsumen dan membuat konsumen merasa dekat.

Dengan memanfaatkan teknologi internet mendorong pengusaha untuk memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas lagi. Dengan internet pula para pelaku usaha dapat membangun hubungan dengan konsumen dan berjualan secara beriringan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 3 =