Memasarkan produk halal kini semakin beragam cara. Geliat dunia digital kini semakin membesar, internet menjadi kebutuhan manusia dalam keseharian. Tidak hanya menjadi sarana berkomunikasi, internet kini pun banyak digunakan sebagai sarana berbisnis.

Para pemasar kini sangat focus dalam menggerakan bisnisnya melalui internet. Bagi para pemasar produk-produk keseharian, mereka mencoba menangkap konsumen yang lebih luas lagi melalui internet. Dengan menggelontorkan investasi yang besar,, pemasar berharap dapat menjangkau konsumen yang tidak bisa mendapatkan produknya dengan berbelanja di toko-toko yang tersedia.

Peran internet mendorong semakin banyaknya atensi produk

Para pemasar pun, berlomba dalam menampilkan produknya melalui internet. Berbagai saluran digunakan agar produknya mendapat atensi dari para Netizen. Terlepas dari laku atau tidaknya sebuah produk, pemasar akan tetap memanfaatkan internet sebagai saluran yang digunakan dalam melakukan promosi.

Hadirnya ecommerce berbasis produk halal

Semakin banyak ecommerce yang kini juga membantu mendongkrak penjualan produk halal. Seperti Etokohalal yang fokus dalam membantu para UMKM yang telah memiliki nomor sertifikat halal untuk bertemu dengan konsumennya.

Baca juga: Peran Internet Pada Industri Halal

Berjualan di Etokohalal akan membuka kesempatan para UMKM dalam menjual produknya ke segmen yang benar-benar mereka tuju. FItur-fitur yang disediakan akan membut mereka berkesempatan menjual produknya dalam jumlah banyak. Fitur pembelian yang melibatkan banyak pembeli akan memberi dampak terjualnya produk mereka lebih banyak.

Saluran internet adalah salah satu saluran dengan biaya terendah dalam melakukan penjualan. Berbeda dengan pasar konvensional yang mengharuskan pemasar untuk bekerjasama dengan biaya tertentu serta harus menyedikan stok besar produk tertentu.

Mempromosikan produk halal secara luas

Dengan 80% umat Islam di Indonesia kesempatan produk halal diminati sangatlah besar. Ditambah lagi dengan pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 64,8 %. Besarnya pengguna internet yang besar mendorong para pemasar bersaing dalam meraih atensi tinggi akan produknya.

Memasarkan produk halal melalui saluran berpromosi internet pun kian beragam, mulai dari penggunaan social media hingga iklan berbayar dalam situs-situs tertentu. Para penyedia situs ecommerce pun kini menyediakan fitur promosi seperti iklan bagi para penjual untuk menarik minat pembeli. Fitur-fitur tersebut juga dapat digunakan sebagai sarana penjualan.

Keuntungannya adalah produk anda akan lebih mudah ditemukan dalam situs tersebut dan meraih kemungkinan untuk dibeli lebih tinggi. Selain fitur iklan, situs ecommerce umumnya menyediakan fitur promos yang bisa dilakukan oleh penjual atau pemilik situs ecommerce.

Visual lebih menarik perhatian

Dalam melakukan promosi melalui internet, konsumen tidak hanya tertarik karena produknya yang bermanfaat tapi juga bagaimana tampilan sebuah produk dapat menggugah hati konsumen. Selain visual yang menarik perhatian, pemilihan kata-kata yang digunakan pun harus bersifat menarik perhatian. Tidak sedikit konsumen yang merasa tertarik karena pemilihan kata-kata positif yang membuatnya tergugah.

Berkembangnya internet di Indonesia mendorong perubahan gaya pemasaran. Meski pemasaran melalui jejaring offline tetap dilakukan, pemasaran melalui jejaring internet pun kini menjadi salah satu saluran yang digunakan. Selain menawarkan atensi yang luas, harga yang lebih terjangkau dan dapat disesuaikan menjadi alasan utama kenapa internet adalah strategi pemasaran yang terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =