Membangun Kepercayaan konsumen dalam jualan online merupakan hal yang sangat penting. Kepercayaan konsumen dibangun untuk mendapatkan pembelian melalui situs marketplace. Layaknya seperti berjualan secara offline, berjualan online pun memerlukan kepercayaan dari konsumen. Meski tidak bertatapan secara langsung, penjual tetap harus membangun citra mereknya.

Awalnya tidak banyak yang berani untuk melakukan pembelian langsung tanpa melihat barangnya terlebih dahulu. Kini, dengan semakin banyaknya penyedia ecommerce yang tersedia dan kemudahan dalam berbelanja perubahan kebiasaan berbelanja dari konvensional menuju online semakin banyak.

Lalu bagaimana seorang pedagang mampu membangun kepercayaan terhadap konsumennya?

Penjualana online kini telah dianggap sebagai kemajuan dalam berbelanja. Tanpa terbatas jarak, sejauh apapun pembeli barang akan tiba ke tangan pembeli. Namun, sebelum konsumen memutuskan untuk membeli barang tersebut penjual harus membangun kredibilitas untuk supaya konsumen memilih produknya.

Buatlah akun di marketplace

Mendaftarkan diri sebagai penjual di marketplace merupakan cara termudah dibangun membangun sendiri situs marketplace. Marketplace kini telah dipercaya untuk melakukan transaksi penjualan. Marketplace hadir untuk memberikan rasa aman kepada konsumen yang hendak berbelanja, karena marketplace telah menyediakan sistem untuk pembayaran yang menguntungkan pihak konsumen dan juga penjual. Selain itu, marketplace pun menjamin produk akan tiba ketangan konsumen terlebih dahulu sebelu meneruskan pembayan yang telah konsumen lakukan ke penjual.

Naikkan rating penjualan anda

Bila terjadi penjualan mintalah pada konsumen anda untuk meninggalkan rating pada toko anda. Rating merupakan salah satu rekomendasi untuk mempercayai penjual. Pembeli selanjutnya akan melihat berapa banyak rating yang anda peroleh. Dengan rating yang diperoleh, pembeli lebih yakin untuk berbelanja dengan anda. Semakin tinggi rating yang anda peroleh, semakin meyakinkan pembeli untuk bertransaksi dengan anda.

Baca juga: Keuntungan dalam beriklan di marketplace

Susun lah produk secara rapi dan teratur

Layaknya sebuah toko di pusat perbelanjaan, etalase produk bisa ditentukan sendiri. Penjual bisa merapikan etalase dengan tujuan agar terlihat rapi saat ada pengunjung yang datang ke toko. Kerapihan etalase toko mendorong pembeli untuk lebih mudah dalam memilih juga berada di toko kita lebih lama lagi.

Pastikan stok barang sesuai dengan kenyataannya

Marketplace meyediakan fitur tentang stok barang yang kita miliki. Stok barang bermanfaat untuk konsumen tanpa lagi perlu untuk menanyakan stok yang kita miliki. Konsumen akan langsung melakukan pembelian barang tanpa lagi perlu menanyakan stok yang dimiliki terlebih dahulu. Konsumen pun akan lebih cepat melanjutkan ke proses pembayaran.

Membangun kepercayaan konsumen tidak serta-merta membuat produk kita lebih cepat laku. Butuh waktu dan proses untuk bisa merek dagang dipercaya. Semakin tinggi rating yang kita miliki, semakin tinggi kepercayaan konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 3 =