Menjaga imunitas pada masa pandemi salah satunya adalah dengan berpuasa. Umat muslim di seluruh dunia saat ini sedang melaksanakan ibadah puasa bulan suci Ramadhan. Ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dilakasanakan di masa global pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan. Meski banyak dibatasi tidak mengurangi antusias umat muslim dalam menjalankan perintah Allah SWT yang hadir dalam satu tahun sekali. Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang selalu ditunggu juga dinanti oleh umat muslim.

Masa global pandemi COVID-19 tidak mengurangi antusias umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa. Di saat masa pandemic seperti ini, kita dihimbau untuk menjaga Kesehatan. Salah satu cara terbaik dalam menjaga Kesehatan tubuh adalah dengan berpuasa. Berpuasa mampu memberi dampak yang sangat baik kepada tubuh seorang manusia yang menjalankannya.

Menjalankan ibadah puasa, salah satu cara terbaik menjaga imunitas tubuh

Dalam menjalankan ibadah puasa, manusia akan menahan lapar dan haus namun tetap dianjurkan untuk melaksanakan kegiatan hariannya. Berpuasa tidak hanya dihabiskan dengan berdiam diri dan bermalas-malasan.

Meskipun tidak mengkonsumsi makanan dan minuman di waktu berpuasa, berpuasa justru mampu menghadirkan kebaikan bagi tubuh. Tubuh yang sehat dan fit sangat dibutuhkan disaat pandemic seperti ini. Dengan kondisi yang fit tubuh dapat menangkal segala macam penyakit yang hinggap ditubuh kita.

Menurunkan berbagai macam resiko penyakit

Berpuasa mampu menurunkan berbagai macam penyakit yang dapat menghampiri tubuh manusia. Penyakit seperti penyakit jantung, mencegah diabetes dan menurunkan kadar kolestrol merupakan beragam penyakit yang sekiranya dapat dihindari jika kita berpuasa. Karena dengan berpuasa kita akan mengurangi mengkonsumsi makanan-makanan berlemak yang berbahaya dan berisiko bagi tubuh.

Tubuh melakukan detoks untuk menjaga imunitas dan kesehatan

Saat berpuasa tubuh akan melakukan detoks terhadap organ-organ yang biasa bekerja untuk mengolah makanan yang masuk ke tubuh. Dengan menjalani ibadah puasa, tubuh memberi waktu kepada organ-organ tersebut untuk istirahat, diwaktu istirahat tersebut maka ia akan melakukan detoksifikasi dan membersihkan sisa-sisa lemak yang harus dihancurkan dalam tubuh.

Menurunkan berat badan

Momen bulan suci Ramadhan dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menurunkan berat badan. Diet saat berpuasa dapat dilakukan karena tubuh tidak akan menerima asupan makanan dan minuman minimal 12 jam. Sehingga tubuh akan memaksa lemak untuk dibakar dan dijadikan energi saat menjalani aktifitas.

Berpuasa mampu menjaga imunitas tubuh dalam menangkal berbagai macam penyakit. Menjalani pola berpuasa yang sehat akan turut membantu tubuh dalam meningkatkan ketahanan tubuh dan melewati masa pandemi COVID-19.

Baca juga

Sahur Sebelum Berpuasa, Puasa Penuh Energi

Menu Berbuka Puasa, Sunnah Nabi Juga Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + 10 =