Menjaga Kesehatan ala Rasul adalah hal yang patut dicontoh dalam kehidupan keseharian. Menjaga kondisi tubuh adalah kewajiban setiap manusia. Agar terhindar dari berbagai macam penyakit ada baiknya kita turut menjaga tubuh dengan mengikuti pola hidup sehat Rasulullah semasa hidupnya.

Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir yang turun dimuka bumi. Ia menyempurnakan agama dan menjadi teladan dalam kehidupan dari semua sisi semasa hidupnya. Nabi Muhammad dinobatkan sebagai manusia yang memiliki pengaruh nomor satu di dunia, maka dari itu banyak hal yang dapat dicontoh dan diteladani dari perilaku dan wataknya.

Menjaga kesehatan ala Rasul dengan mengikuti pola hidup sehat beliau

Sebagai teladan bagi manusia, nabi Muhammad memiliki keseharian yang luar biasa. Kesehariannya sangat mempengaruhi gaya hidupnya yang selalu memiliki tubuh yang sehat juga bugar. Kegiatan kesehariannya sebagai pemimpin yang selalu berdakwah menuntutnya untuk selalu memiliki tubuh fisik yang bugar.

Tidak tidur larut malam

Prilaku rasul yang pertama adalah untuk tidak tidur larut malam. Rasul mencontohkan ia kerap tidur pada pukul 21.30 dan kembali bangun pada pukul 03.00 pagi. Rasul menganjurkan untuk tidak berbincang-bincang setelah waktu sholat Isya. Bangun sebelum Subuh tiba dan melaksanakan sholat malam terlebih dahulu. Tidur lebih cepat serta tidak bangun terlalu siang membuat badan mampu berisitirahat lebih baik serta akan mempengaruhi terhadap efektifitas keseharian.

Anjuran nabi ini apapbila dihitung adalah tidur malam kurang dari delapan jam yang berarti sepertiga dari satu hari. Nabi menganjurkan bahwa hidup tidak hanya untuk bekerja tapi juga sebagian waktunya digunakan untuk melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.

Menjaga pola makan

Nabi Muhammad SAW pun turut menganjurkan untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kekenyangan. Dalam pola makan menurut Rasul anjurannya adalah larangan untuk tidak berlebihan, segala yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Berlebihan dalam makan dapat menimbulkan sesuatu yang tidak baik untuk tubuh seperti kegemukan, dan penyakit. Akibatnya akan mempengaruhi kegiatan seseorang, efektifitas seseorang akan menjadi malas melakukan sesuatu bila terlalu kenyang.

Baca juga: Olahraga bagi umat muslim, sunnah dari Rasulullah SAW

Melakukan olahraga

Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat adalah salah satunya dengan rajin melakukan olahraga. Olahraga kesukaan nabi semasa hidupnya adalah berkuda, memanah dan bela diri dalam beberapa kesempatan pun nabi suka melakukan olahraga lari.

Dengan melakukan olahraga maka tubuh akan selalu dalam keadaan bugar. Dengan badan yang bugar dapat melakukan segala aktifitas keseharian termasuk beribadah.

Selalu menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan salah satu yang selalu nabi lakukan. Rasul selalu mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Kebersihan ala Rasul meliputi kebersihan diri, tempat tinggal dan juga pakaian. Dengan kebersihan maka akan terhindar dan juga jauh dari segala macam penyakit yang datang dari tempat-tempat yang tidak bersih.

Baca juga: Gaya Hidup Halal Bagi Kaum Millenial Indonesia

Meredam emosi

Janganlah marah, anjuran ini adalah salah satu yang kerap Rasul sampaikan kepada pengikutnya. Karena seorang muslim tidak dinilai karena kekuatannya tapi dari kebersihan dan kesehatan jiwa yang ada di dalam dirinya. Rasul mengajarkan apabila ingin marah maka segerakanlah untuk mengambil air wudhu dan sholat dua rakaat untuk mendapat ketenangan dan menghilangkan kegundahan.

Melakukan pengobatan dengan bekam

Nabi Muhammad sangat menyukai bekam. Rasulullah bersabda “kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara: pertama dengan meminum madu (dengan obat herbal), kedua dengan berbekam/hijamah, dan ketiga dengan (terapi) besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhari)

Menjaga Kesehatan Ala Rasul dan mengikuti pola keseharian yang selalu dilakukan oleh Rasul yang sudah terbukti membuatnya selalu sehat dan bugar bisa menjadi keseharian yang juga diterapkan dalam keseharian kita. Menjaga kondisi tubuh di keseharian yang semakin berdampak pada tubuh kita perlu dilakukan seiring semakin banyaknya penyakit yang bisa saja menghampiri tubuh kita setiap saat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × four =