Menjaga kualitas ibadah untuk tetap dapat melaksanakan ibadah wajib. Allah SWT telah memberi kemudahan kepada umatnya untuk tetap beribadah dalam segala keadaan. Ibadah utama yang wajib dikerjakan oleh umat Islam ialah shalat, shalat adalah tiang agama dan telah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh seluruh umat Islam tanpa terkecuali.

Saat tidak terkendala apapun, shalat wajib dilakukan dengan melakukan Gerakan-gerakan shalat. Bila sedang sakit, shalat dapat dilakukan dengan cara duduk, sambal tertidur hingga bila tidak lagi dapat bergerak shalat dapat dilakukan hanya dengan menggerakan mata. Apapun keadaannya shalat adalah wajib dikerjakan untuk meningkatkan keimanan seseorang.

Menjaga kualitas ibadah dengan tidak bermalas-malasan

Allah SWT menyukai umatnya yang kerap berusaha untuk meraih sesuatu. Seperti bekerja untuk dapat mendapatkan rejeki, dengan bekerja membuat tubuh bergerak untuk melakukan sesuatu. Begitupun dengan ibadah, jika sudah waktunya tiba diwajibkan umat Islam untuk langsung bergegas serta tidak mengulur waktu untuk melakukan ibadah.

Berdiam diri saja pun tidak dianjurkan dalam Islam. Umat Islam diminta untuk dapat menjemput rejeki. Membuka pintu rejeki mulai dari bekerja atau sumber rejeki lainnya seperti melakukan silaturahmi.

Sering melakukan olahraga

Menjaga kondisi fisik agar tetap bugar merupakan kewajiban dalam meningkatkan kualitas ibadah. Dengan tubuh yang bugar, maka aktifitas harian yang biasa dilakukan pun tidak akan mengalami kendala berarti. Selain menjaga kondisi kebugaran, dengan berolahraga pun dapat mengurangi resiko-resiko mengalami penyakit yang kerap menghampiri tubuh dengan  daya tahan tubuh yang rendah.

Baca juga: Olahraga bagi umat muslim, sunnah dari Rasulullah SAW

Dengan tubuh yang bugar, maka beribadah pun dapat dilakukan secara rutin. Semakin rajinnya melakukan ibadah maka pahala pun terus mengalir dalam kehidupan. Maka dari itu, demi menjaga kualitas ibadah dan dijauhkan dari segala macam penyakit menjaga kebugaran tubuh adalah kunci utama.

Sering beribadah di masjid

Hukum shalat berjamaah memiliki nilai pahala lebih besar dibanding shalat seorang diri, bagi kaum muslim yang menjalankan ibadah shalat berjamaah minimal mendapat pahala 27  derajat lebih utama dibandingkan dengan shalat sendiri. Alangkah baiknya untuk melaksanakan ibadah secara berjamaah dengan melangkah kaki menuju masjid daripada menunaikan ibadah shalat seorang diri.

Tidak hanya menjalankan ibadah shalat berjamaah, shalat di masjid pun membuka pintu silaturahmi. Bertemu dengan tetangga atau dengan orang yang baru dijumpai. Bertemu dengan saudara seiman turut meningkatkan kualitas beribadah.

Menjaga kualitas ibadah wajib dilakukan oleh para umat Islam selama hidup di dunia. Pahala ibadah akan turut membawa kita dalam meningkatkan iman serta ketaqwaan terhadap sang maha pencipta Allah SWT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + 8 =