Menjalin silaturahmi harus ditetap dilakukan. Di tengah merebaknya pandemic COVID-19 ini keterbatasan antar manusia untuk saling berinteraksi harus dikurangi. Efek dari penularan pandemi yang sangat berbahaya bagi manusia ini menuntut pemerintah untuk memberi himbauan kepada masyarakat untuk melakukan segalanya dari rumah. Baik bekerja ataupun belajar, physical distancing mulai diberlakukan dan sudah memasuki lebih dari dua minggu.

Meskipun dalam berada dirumah seperti saat ini, bukan berarti kita juga menutup diri dari kehidupan sosial. Lingkup yang paling kecil adalah dengan lingkungan sekitar, bukan berarti karena keterbatasan tatap muka kita berhenti melakukan komunikasi dengan tetangga sekitar kita. Silaturahmi harus tetap berjalan dan dijaga dengan baik, tetap berkomunikasi meski hanya bisa melalui jaringan telepon ataupun melalui jaringan internet tetap harus dijalankan.

Menjalin silaturahmi dalam Islam

Dalam Islam, Silaturahmi memiliki arti menjalin kekerabatan. Dalam sebuah hadist shahih Rasulullah bersabda; “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahmi”. (HR Bukhari).

Rasulullah mengajarkan untuk kita kerap melakukan silaturahmi. Karena silaturahmi merupakan salah satu bagian dalam Islam. Tidak hanya memberi kelapangan hati, menjalin silaturahmi juga mendatangkan banyak hikmah kepada yang melakukannya seperti;

  • Mendapatkan pahala
  • Membuka Pintu Rezeki
  • Memperluas Persaudaraan
  • Dipanjangkan Umur
  • Bisa Membuat Masuk Surga dan Dijauhkan Dari Neraka
  • Ketaatan Kepada Allah SWT

Melakukan silaturahmi tidak hanya kepada keluarga saja, tapi juga bersilaturahmi lah kepada kerabat. Baik adapun kerabat dekat yang berada disekitar tempat tinggal kita maupun dengan kerabat yang tinggal jauh.

Memanfaatkan teknologi untuk bersilaturahmi

Dalam Islam melakukan silaturahmi memang lebih baik dengan berkunjung atau bertatap muka. Apabila kerabat atau saudara terlampau jauh komunikasi menggunakan alat perantara seperti telepon pun tidak dipermasalahkan.

Dalam kondisi epidemi seperti ini, ada baiknya untuk mengurangi interaksi dengan tatap muka dan dapat diganti dengan memanfaatkan teknologi. Kecanggihan teknologi saat ini dapat sangat dimanfaat dalam melakukan silaturahmi.

Baca juga: Pandemi Corona Dan Lingkungan Yang Membaik

Menjalin komunikasi menggunakan telepon dan video call

Panggilan melalui telepon merupakan hal yang paling mudah digunakan dan juga dapat dilakukan dari mana saja. Selain panggilan melalui telepon, menggunakan video call pun dapat dimanfaat untuk menjalin silaturahmi.

Video Call atau Conference Call saat ini tidak hanya dimanfaatkan dalam silaturahmi saja tapi juga digunakan untuk bekerja. Munculnya aplikasi-aplikasi conference call yang dapat dengan mudah kita dapatkan melalui penyedia layanan aplikasi di smartphone ataupun internet lainnya sangat membantu dalam melakukan komunikasi baik jarak dekat ataupun jauh. Conference call saat ini dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus, jadi anda bisa melakukan silaturahmi langsung ke beberapa kerabat secara bersamaann.

Anjuran silaturahmi merupakan anjuran Allah SWT yang disampaikan melalui Rasulullah yang membuat kita peduli akan saudara dan kerabat. Selain dapat menumbuhkan rasa peduli antar sesama, menjalin silaturahmi juga mendorong umat muslim untuk semakin meningkatkan ketaqwaan kepada sang pencipta Allah SWT.

Baca juga:

Belanja di Marketplace Halal, Berikut 5 Alasannya

Ibadah Meningkat Saat Work From Home

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − one =