Menu berbuka puasa, Memilih makanan untuk berbuka puasa harus sesuai dengan kebutuhan. Berlebihan saat menyantap menu berbuka pun tidak baik, yang cukup dan seimbang akan lebih baik untuk menjadi menu berbuka. Menu berbuka disunnahkan sesuai dengan kebutuhan asupan tubuh kita dan juga sehat setelah melaksanakan ibadah puasa satu hari.

Menu takjil untuk berbuka sangatlah beragam. Kebiasaan dalam menyantap gorengan dan juga santapan berasa manis merupakan menu yang paling dinanti saat berbuka. Namun, tidak selalu menyantap gorengan dan juga santapan manis menjadi hal wajib yang dihidangkan saat berbuka.

Menjalankan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan

Makna dari berpuasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga dalam satu hari, tapi juga melaksanakan ibadah yang Allah SWT wajibkan kepada umatnya yang beriman. Bulan suci Ramadhan bukan saja bulan dimana umat Islam menjalankan puasa dan menahan lapar, tapi lebih dari itu semua Ramadhan adalah bulan suci dimana semua pahala dilipatgandakan serta segala pintu kebaikan dibuka selebar-lebarnya.

Meski harus menjalankan ibadah puasa satu hari penuh, namun Allah SWT sudah menentukan seberapa lama waktu kita untuk menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa dimulai dari setelah terbit matahari atau waktu subuh tiba hingga terbenam matahari atau hingga maghrib tiba.

Menu berbuka puasa sesuai sunnah Rasulullah SAW

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi yang mengajarkan umat untuk melaksanakan ibadah puasa. Beliau menjelaskan bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan sebaik-baiknya bulan. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda:

“Manusia senantiasa dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka bila sudah waktunya berbuka maka disegerakanlah berbuka membatalkan puasa. Hadits nabi ini mengajarkan kita untuk tidak menunda-nunda saat berbuka puasa bila telah tiba saatnya.

Mengkonsumsi kurma dan air putih hangat

Berbuka dengan mengkonsumsi kurma atau air putih hangat merupakan sunnah nabi Muhammad SAW. Rasulullah mengajarkan untuk berbuka dengan kurma atau air hangat, karena keduanya merupakan hidangan favorit nabi. Namun apabila tidak tersedia kurma, maka dianjurkan untuk memakanan makanan manis saat berbuka.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan ruthab (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air. (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad, 3/164, hasan shahih).

Kurma merupakan buah yang bergizi dan juga praktis dibawa kemana saja. Kurma memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berlimpah seperti, kalium, magnesium, vitamin B6 dan zat besi yang baik bagi tubuh.

Berbuka puasa dengan buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu makanan untuk berbuka puasa yang murah dan mudah. Setiap buah pasti memiliki kandungan vitaminnya masing-masing. Sehingga mengkonsumsi buah untuk berbuka puasa mampu menghilangkan rasa dahaga dan lapar setelah melaksanakan ibadah puasa satu hari.

Hindari berbuka dengan gorengan

Saat perut dalam keadaan kosong akan memberatkan kinerja organ tubuh bila menyantap gorengan saat berbuka. Gorengan akan lebih berbahaya jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit asam lambung, karena dapat merangsang asam lambung naik. Selain itu mengkonsumsi gorengan saat berbuka puasa akan membuat perut terasa kenyang yang cepat.

Menyegerakan berbuka puasa dan memilih hidangan sehat untuk berbuka menjadi hal penting dalam menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa. Kini saatnya untuk menghindari menu santap berbuka yang sekiranya dapat membuat kita sakit saat bulan Ramadhan.

Menjaga Kesehatan selama bulan Ramadhan adalah kewajiban agar umat muslim tetap dapat melaksanakan ibadah selama bulan suci. Mengkonsumsi makanan sehat untuk berbuka dan saat sahur harus menjadi santapan utama untuk tetap menjaga kebutuhan asupan gizi dan keseimbangan dalam tubuh.

Baca juga:

Makanan Halal, Solusi Gizi Terbaik Selama Pandemi

Ibadah Saat Ramadhan, Perbanyak Ibadah Dari Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 + two =