Museum Rasulullah terbesar akan dibangun di Indonesia. Jakarta, sebagai ibukota negara Indonesia melalui gubernur Anies Baswedan akhirnya telah menentukan Ancol sebagai tempat yang akan digunakan sebagai lokasi museum Nabi terbesar di dunia.

Setelah penetapan lokasi dan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh para pemimpin negara yang wakili Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla, bersama Sekretaris Liga Dunia Islam, Syekh Muhamad bin Abdul Karim Al Issa, Menteri Agama Fachrul Razi, Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Djalil.

Museum ini diharapakan dapat menjadi tjujuan belajar bagi seluruh masyarakat Indonesia mengenai Islam dan Rasulullah SAW. Museum yang akan dibangun diatas tanah yang mencapai 10.000 meter persegi ini dapat menjadi lokasi belajar mengenai Islam dan Rasulullah. Juga, museum yang akan dibangun di utara Jakarta dapat mengetahui keteladanan apa saja yang Rasul lakukan semasa hidupnya.

Berisikan hadis-hadis dan teladan semasa hidup.

Peletakan batu pertama museum Rasulullah. Sumber: Liputan6

Museum ini akan berisikan tentang segala hadis-hadis yang menceritakan kisah hidup sang Rasul dan teladan yang dilakukan semasa hidunya. Selain itu juga tersedia cerita-cerita mengenai Islam dan juga sejarah-sejarah Islam sendiri dan sejarah kejadian-kejadian yang terkait dengan Rasulullah semasa hidupnya. Seperti, peristiwa Isra Miraj, perjalanan hijrah nabi hingga masa-masa kejayaan Islam serta dakwah-dakwah yang pernah dilakukan oleh Nabi.

Baca juga: Pemasaran Ala Rasulullah, Menarik Minat Para Pembeli

Dilengkapi dengan teknologi modern

Museum kini lebih atraktif dibadingkan dengan museum lainnya. Bila museum dahulu banyak menampilkan diorama-diorama lama saat ini penggunaan teknologi 3D akan lebih ditonkolkan. Penampilan diorama dalam bentuk 3D akan banyak ditampilkan dalam museum Rasul dan juga tersedia maket kota muslim seperti Makkah dan Madinah semasa hidupnya Rasul hingga tampilan masa kini.

Kota Madinah. Sumber: https://www.hidayatullah.com/

Museum Rasulullah diharapkan menjadi ikon wisata religi

Hadir dengan mengemban edukasi, museum Rasullulah diharapkan turut menjadi wisata religi yang dapat mendongkrak ketenaran Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia. Diharapkan dengan adanya museum ini bisa menjadi salah satu lokasi wisata religi dan menjadi salah satu lokasi dakwah untuk mengenal Islam beserta Rasul lebih dalam lagi. 

Semakin mengenal Islam maka diharapkan para wisatawan yang hadir ke museum Rasulullah terbesar ini dapat meningkatkan keimanannya. Museum ini merupakan museum Rasul pertama yang berada diluar Arab Saudi, meski banyak negara yang mengajukan untuk membangun museum serupa tapi Indonesia patut berbangga karena dipilih sebagai negara yang ditujuk oleh Liga Dunia Islam sebagai negara dibangunnya museum Rasul.

Mari berkunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen − fourteen =