Muslim friendly , istilah yang dikerap digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang baik bagi umat IalakSebagai negara bermayoritas beragama Islam, Indonesia menjadi salah satu surganya dunia halal di dunia. Mulai dari makanan sampai pariwisata sudah berisikan segala kebutuhan yang dapat dikonsumsi dan dinikmati oleh umat muslim.

Meskipun Indonesia terdiri dari lima agama selain Islam berikut ribuan suku didalamnya, namun masakan di Indonesia di dominasi oleh masakan yang bisa dikatakan muslim friendly juga halal. Makanan yang umum yang menjadi masakan yang dikonsumsi adalah makanan yang mengandung makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi sesuai kaidah agama Islam. Meskipun kita tidak bisa mengetahui dengan jelas segala proses dibalik pembuatan makanan tersebut, apakah benar-benar menuruti syarat ketentuan halal atau tidak.

Muslim friendly, tidak hanya soal makanan

Aturan muslim friendly dalam makanan lebih mudah ditentukan dibanding ketentuan halal. Muslim friendly hanya mengatur kandungan serta bahan makanan apa saja yang benar boleh dikonsumsi oleh umat Islam serta bahan makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Oleh karena itu banyak restoran atau makanan yang muslim friendly namun belum bersertifikat halal. Contoh paling umum misal bahan makanan ayam goreng sudah pasti boleh dikonsumsi karena ayam boleh untuk dikonsumsi, namun apabila ayam tersebut tidak didapat secara baik atau dipotong tidak menggunakan kaidah dalam agama Islam, ayam goreng tersebut bisa saja dianggap tidak halal atau haram.

Tidak hanya soal makanan, muslim friendly juga sering disematkan pada industri wisata

Selain dalam hal makanan, istilah ini pun umumnya digunakan dalam hal lain seperti wisata. Wisata muslim friendly merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menawarkan para konsumennya akan keramahan wisata tersebut untuk umat Islam, seperti tersedianya musholla untuk beribadah, hingga tersedianya makanan yang dapat dikonsumsi oleh umat Islam.

Baca juga: Makanan halal Saat dalam Penerbangan

Wisata dengan konsep ini ini biasanya ditawarkan pada lokasi wisata yang tidak didominasi oleh masyarakat muslim didalamnya. Dengan menawarkan wisata muslim friendly diharapkan akan banyak para traveller Islam yang tertarik untuk datang ke suatu daerah tanpa takut maupun ragu soal makanan dan tempat beribadah.

Halal, istilah bagi produk yang telah melalui uji proses kehalalan

Berbeda dengan istilah sebelumnya, halal adalah istilah dalam Islam yang memiliki arti diperbolehkan dari Bahasa Arab. Menurut ketentuan, sebuah produk menjadi halal apabila telah tersertifikasi dari Lembaga pemberi label halal karena telah memenuhi standarisasi berdasarkan kaidah agama.

Sebuah produk dapat dikatakan halal dan mendapat label halal setelah diteliti melalui serangkaian proses oleh Lembaga pemberi label. Produk halal umumnya dilabeli pada produk-produk yang umumnya dikonsumsi, seperti makanan & minuman, kosmetik dan obat-obatan. Ketiga produk tersebut cukup sensitif sehingga harus adanya label halal untuk menjamin segala yang masuk ke tubuh kita mengandung sesuatu yang baik.

Perbedaan istilah keduanya kerap diartikan menjadi satu arti yang sama. Padahal secara benar, meskipum muslim friendly dianggap sesuatu yang baik bagi umat Islam namun tidak semua yang muslim friendly pasti halal. Sebaliknya, segala sesuatu yang halal sudah pasti muslim friendly.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 3 =