New normal kini mulai dijalankan di ibukota. Indonesia saat ini telah memasuki masa transisi New Normal yang berlaku pada bulan Juni. Pemberlakuan masa transisi ini dilakukan agar masyarakat tetap dapat beraktifitas secara normal pada masa pandemi. Namun, bukan tanpa resiko masa transisi menuntut ketegasan pemerintah dan juga kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan masa transisi ini.

Masa transisi di ibukota dibuka secara bertahap. Pada bulan juni ini masyarakat sudah kembali diperbolehkan untuk kembali bekerja. Setelah lebih dari tiga bulan para pekerja akan kembali masuk kerja. Dibukanya perkantoran membuat semakin banyak orang yang telah kembali memadati jalanan ibukota.

Menghadapi new normal, bepergian keluar rumah harus melengkapi diri agar tercegah dari resiko penularan.

Masa pandemi Covid-19 belum lah berakhir, masyarakat tetap diminta mematuhi segala macam protokol kesehatan saat melakukan aktifitas di luar rumah. Protokol kesehatan ini wajib dipenuhi oleh para masyarakat yang hendak keluar rumah demi menjaga diri agar tidak tertular atau menularkan kepada orang lain.

Penggunaan masker dan menjaga jarak adalah protokol kesehatan paling umum yang hendak dilakukan sekiranya berada diluar rumah. Selain menerapkan protokol kesehatan membawa beberapa peralatan pendukung untuk tambahan pun dapat dilakukan untuk menjaga diri dari berbagai macam keperluan saat berada diluar rumah.

Kerap membawa masker cadangan saat new normal

Protokol kesehatan yang paling umum adalah menggunakan masker. Setiap orang kini wajib menggunakan masker saat berada diluar rumah. Selain menggunakan masker yang telah digunakan ada baiknya untuk membawa masker cadangan. Masker cadangan berfungsi untuk jaga-jaga apabila masker yang anda kenakan kotor ataupun tertinggal saat sedang melakukan aktifitas.

Selalu membawa hand sanitizer

Kita tidak akan pernah tahu dimanakah virus Covid-19 menempel. Selalu sedia hand sanitizer ditas anda, apabila sudah menyentuh sesuatu ada baiknya untuk membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer diperlukan apabila anda tidak dapat menemukan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Tisu basah dan tisu kering

Ada baiknya sebelum menyentuh sebuah barang untuk membersihkannya terlebih dahulu. Seperti komputer yang kita gunakan, ataupun barang lain yang sering kita akses atau gunakan saat bekerja. Tisu kering juga bermanfaat untuk mengeringkan tangan setelah kita mencuci tangan dengan air.

Membawa peralatan ibadah sendiri

Membawa peralatan ibadah sendiri sangat disarankan. Membawa peralatan ibadah akan menghindari kita dari berbagai macam media ibadah yang kerap digunakan bersama. Selain itu, saat ini masjid dan musholla dianjurkan untuk tidak menggelar karpet karena resiko yang bisa saja menempel virus pada media tersebut.

Baca juga: New Normal, Protokol Kesehatan Menjadi Kunci

Membawa Peralatan makan sendiri

Untuk menjaga dari peralatan makanan yang kerap digunakan banyak orang, membawa peralatan makana sendiri adalah solusi. Meskipun tidak membawa makanan dari rumah, membawa peralatan makanan sendiri dapat digunakan secara pribadi untuk menghindari adanya virus yang menempel dari media makanan.

Membawa helm pribadi adalah new normal dalam menggunakan ojek online

Bagi yang kerap menggunakan transportasi ojek online, kini disarankan untuk membawa helm sendiri. Dengan membawa helm pribadi maka penumpang akan merasa lebih aman dan nyaman, karena tidak harus menggunakan helm bergantian dengan penumpang lain. Selain itu juga menghindari resiko terdapatnya virus ataupun bakteri yang menempel pada helm tersebut.

Tetap beraktifitas dikala pendemi seperti saat ini haruslah waspada. Dengan membawa peralatan pribadi akan mengurangi resiko penularan yang dapat terjadi. Tetap menjaga kesehatan dan tidak melakukan aktifitas yang sekiranya masih dilarang juga harus dilakukan demi mengurangi resiko penularan yang masih mungkin terjadi.

Baca juga: New Normal Dirumah Ibadah, Taati Protokolnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen + 16 =