Olahraga bagi umat muslim merupakan kegiatan yang sering dilakukan demi menjaga badan yang prima. Bahkan Nabi besar Muhammad SAW pun melakukan olahraga dalam kesehariannya untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga memberi dampak baik tidak hanya bagi tubuh saja tapi juga psikologi manusia.  

Berolah raga selalu dikaitkan dengan kesehatan, agar badan tetap fit dan menjaga kebugaran olahraga adalah suatu keharusan disamping menjaga pola makan yang seimbang. Dengan berolahraga, tubuh pun dapat terhindar dari penyakit atau bahkan menyembuhkan sebuah penyakit.

Olahraga bagi umat muslim merupakan sunnah Rasulullah SAW

Di dunia ini ada banyak macam olahraga yang bisa dilakukan. Mulai dari olahraga yang dilakukan di darat, udara dan air. Rasulullah sendiri mencontohkan beberapa olahraga yang pernah dilakukannya dan menjadi sunnah bagi umat Islam. Seperti berlari, berkuda, memanah dan gulat.

Baca juga: Atlet Muslim Sea Games Kekurangan Makanan Halal

Islam selalu mengajarkan umatnya untuk hidup seimbang. Hidup untuk dunia dan juga akhirat, untuk dapat mengejar dunia dan akhirat dibutuhkan kondisi tubuh yang prima untuk menjalankan sesuatu. Dalam mengejar dunia manusia diwajibkan juga mencari rezeki yaitu dengan bekerja dan juga dalam mengejar akhirat seperti sholat berjamaah di masjid dan melakukan ibadah haji yang membutuhkan kondisi yang fit.

Kebugaran Rasulullah dapat terpancar dari salah satu kisah hidupnya dimana saat nabi Muhammad diajak beradu gulat dengan seorang pegulat tangguh asal negeri Arab yaitu Rukanah. Pegulat yang dikenal tangguh tersebut merupakan salah satu pemimpin di Arab. Meski dikenal tangguh dikalangan kaum Quraisy tidak tampak sedikitpun ketakutan Rasulullah untuk menantang sang pegulat tangguh tersebut. Akhirnya Rasul pun berduet dengan Rukanah, dalam dua kali bergulat Rasul selalu mampu mengunci lalu menjatuhkan Rukanah.

Dapat dijadikan sarana berdakwah, Rasulullah dengan olahraga

Nabi menggunakan olahraga sebagai salah satu media dakwah yang dilakukannya, bukan untuk unjuk gigi justru Rasulullah menunjukkan kebesaran Allah SWT dengan memanggil sebuah pohon dan memintanya kembali ke tempat asalnya. Meski dianggap sebagai penyihir pada awalnya, namun akhirnya Rukanah masuk Islam dan menjadi salah satu sahabat nabi.

Bagi Rasul olahraga tidak hanya digunakan sebatas untuk membuat fisik yang prima, tapi juga olahraga menjadi sarana dakwah. Meski dikisahkan usia Rasul saat itu berusia 50 tahun Rasul tetap mampu mengalahkan Rukanah seorang pegulat tangguh dan juga salah satu pemimpin kaum Quraisy masa itu.

Yuk kini saatnya kita mulai berolahraga.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − eleven =