Olahraga saat puasa dianggap rintangan bagi sebagian orang. Saat berpuasa banyak yang memilih untuk memindahkan waktu berolahraganya pada malam hari setelah berbuka puasa. Bagi yang kerap melakukan olahraga pada malam hari mungkin bukan hal baru dan telah terbiasa menjalankannya. Namun, bagi yang biasa melakukan olahraga di saat matahari masih terbit, olahraga malam hari menjadi kendala tersendiri.

Berpuasa membuat tubuh tidak dapat menerima nutrisi selama 12 jam. Tanpa makan dan minum membuat tidak adanya asupan nutrisi ketubuh dan memaksa tubuh harus membakar lemak yang tersimpan untuk menjadi energi. Justru, berolahraga saat berpuasa akan lebih cepat membantu dalam menurunkan berat badan.

Melakukan olahraga saat puasa dapat dilakukan secara ringan agar tubuh tidak cepat kehilangan cairan dan terdehidrasi

Melaksanakan olahraga dikala puasa dapat dilakukan dengan memilih jenis olahraga ringan yang sekiranya tidak menguras fisik terlalu banyak. Memilih olahraga ringan dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh. Olahraga ringan adalah olahraga yang sekiranya tidak memerlukan waktu yang lama dan juga dapat dilakukan dimana saja.

Cairan tubuh yang keluar saat berolahraga sangat mempengaruhi kondisi fisik. Semakin banyak cairan tubuh yang keluar saat melakukan olahraga maka tubuh semakin merasa perlu menggantinya dengan cairan, maka dari itu saat berolahraga tubuh akan sering merasa dahaga.

Olahraga cardio sebagai salah satu opsi olahraga saat puasa yang ringan yang dapat dilakukan

Olahraga cardio adalah olahraga fisik yang membuat seluruh anggota tubuh bergerak. Olahraga cardio memiliki banyak pilihan seperti lari, push up, skipping, jalan kaki, bersepeda dan lain-lain. Selama bulan puasa dapat melakukan cardio ringan dari dalam rumah saja, apabila lari dirasa terlalu berat maka dapat diganti dengan lari ditempat yang waktunya dapat anda tentukan sendiri.

Hindari olahraga permainan yang memerlukan banyak orang

Tidak disarankan untuk melakukan olahraga permainan seperti sepakbola, bola basket, dan futsal yang termasuk olahraga berat. Olahraga permainan membutuhkan kondisi fisik yang prima dan juga tingkat kelelahan yang tinggi. Tubuh akan lebih cepat terdehidrasi dengan olahraga permainan ini yang membuat rasa dahaga yang tinggi dan cairan tubuh perlu cepat untuk diganti.

Mengajak keluarga untuk berolahraga

Ajak keluarga bersama untuk melakukan olahraga. Melaksanakan olahraga bersama dapat menambah keharmonisan dalam berkeluarga. Cukup lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berkeliling perumahan dengan sepeda dapat menjadi kegiatan bersama keluarga sembari menunggu waktu berbuka.

Berolahraga menjelang waktu berbuka

Pilihlah waktu menjelang berbuka untuk melakukan olahraga. Berolahraga saat menjelang waktu berbuka dapat menghindari resiko dehidrasi yang lama. Setelah Lelah berolahraga dapat dilanjutkan dengan berbuka puasa dalam waktu yang dekat.

Olahraga diwaktu puasa masih disarankan asal tidak membuatnya membatalkan puasa. Memilih olahraga ringan dan diwaktu menjelang berbuka menjadi dua hal penting yang harus dilakukan agar puasa tetap terjaga dan tubuh pun tetap prima.

Baca juga:

Sahur Sebelum Berpuasa, Puasa Penuh Energi

Pelarangan Hijab Dalam Pertandingan Olahraga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × four =