Olahraga merupakan sunnah dari zaman Rasulullah SAW. Banyak diketahui jika Rasul menganjurkan umatnya untuk berolahraga demi menjaga fisik. Pada zaman dulu umat pria membutuhkan kekuatan untuk berperang dengan musuh-musuh Allah. Olahraga seperti bergulat, memanah dan berkuda merupakan latihan yang kerap Rasulullah SAW lakukan merupakan keterampilan yang berfungsi juga saat terjadi perang.

Saat ini olahraga bukan lagi untuk persiapan dalam berperang, namun kini olahraga diutamakan untuk menjaga fisik tetap bugar dan menjauhkan tubuh dari ancaman banyak penyakit. Penyakit akan muncul bila jarang melakukan olahraga, seperti obesitas. Menjaga tubuh tetap bugar dan menjauhkan tubuh dari penyakit wajib dilakukan dengan tetap melakukan olahraga teratur yang cocok bagi tubuh.

Baca juga: Olahraga Menurut Islam, Menjaga Ketaatan Beribadah

Olahraga merupakan kegiatan yang kian digandrungi saat ini karena dengan berlatih telah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Kesadaran akan hidup sehat kini semakin terlihat, tidak hanya bagi kalangan yang sudah berusia lanjut tapi juga dikalangan anak muda. Kesehatan seakan semakin mahal maka kesehatan adalah kewajiban yang harus dimiliki, semakin sehat tubuh di usia muda akan membawanya tetap berenergi saat usia senja.

Berolahraga dengan tetap menutup aurat

Tetap menjaga aurat saat berolahraga adalah kewajiban bagi umat muslim. Bagi wanita diwajibkan untuk tetap menutup aurat rambut dan tubuh lainnya. Saat ini sudah banyak penyedia pakaian muslim yang khusus digunakan untuk berolahraga. Hijab khusus untuk olahraga pun telah tersedia dari merek-merek yang focus dalam penyediaan pakaian.

Tidak hanya berlaku bagi wanita, pria pun berlaku sama dengan wajib menutup aurat. Bagi pria menutup aurat dari pusar sampai lutut. Bagi pria pakaian menggunakan celana training Panjang untuk menutup keseluruhan sampai lutut.

Menutup aurat menggunakan legging

Bila tidak nyaman menggunakan celana Panjang saat ini pria dapat menggunakan celana legging Panjang yang khusus untuk berolahraga. Celana legging atau celana untuk dalaman celana terdapat ukuran dari pendek, ¾ sampai menutupi hingga mata kaki.

Tidak hanya bagi pria saja, legging olahraga dapat juga digunakan untuk wanita. Legging khusus latihan memiliki bahan khusus. Selain digunakan sebagai penutup aurat, legging juga berfungsi menjaga otot tubuh untuk tetap berada pada posisinya dan mengurangi kemungkinan cedera yang bisa terjadi.

Sesuaikan sepatu dengan pilihan olahraga

Selain perhatikan pakaian yang digunakan, pemilihan sepatu pun penting untuk berolahraga. Pilih sepatu lari untuk berlari, sepatu menjaga kaki dari bahaya cedera ataupun terjatuh. Menggunakan sepatu saat berolahraga juga merupakan salah mode dalam berolahraga. Sesuaikan sepatu yang mengikuti bentuk kaki agar sepatu nyaman saat digunakan berolahraga.

Saat ini berolahraga pun harus tetap bergaya namun tetap tidak melupakan tujuan utama yaitu bugar dan sehat. Yuk saatnya bergaya saat olahraga tapi tetap dalam kaidah-kaidah yang sesuai dengan agama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + nine =